Header Ads

Bergen- Kota Kecil di Norwegia Yang Penuh Pesona

 


Kali ini saya akan cerita tentang pengalaman waktu berkunjung ke Bergen. Kota Bergen, merupakan kota terbesar kedua di Norwegia. Kota ini terletak di wilayah Hordaland dengan penduduk sekitar 243.000 orang atau lebih sedikit dari penduduk kota Banda Aceh. Kota ini didirikan oleh raja Olav tahun 1070 Masehi. 

 


Berikut adalah 10 hal yang menarik untuk dikunjungi atau dilakukan selama berkunjung ke burger

 

  1. Ulriken. 

Menurut saya ulriken merupakan tempat pertama yang wajib dikunjungi kalau kita berkunjung ke Bergen. Ulriken merupakan gunung yang tertinggi dari 7 gunung yang mengelilingi kota Bergen. Gunung ini tingginya sekitar 643 meter di atas permukaan laut. Kita bisa naik ke atas pakai gondola, tapi ada ongkos yang harus dibayar. Kalau mau gratis dan sekaligus olahraga, kita bisa mengambil Jalan setapak yang bisa untuk naik dan turun gunung Ulriken. Waktu yang paling disarankan untuk ke Ulriken adalah saat musim dingin di mana salju tebal mengelilingi dan menutupi Gunung ini.

 




 

  1. Bryggen

Bryggen merupakan sederetan bangunan dari kayu yang berwarna-warni. Bangunan ini memiliki arsitektur abad pertengahan dengan gang-gang yang sempit di antara bangunan tersebut. Pada awalnya bangunan ini digunakan sebagai gudang penyimpanan ikan bagi nelayan Bergen. Sekarang sudah dimanfaatkan sebagai restoran tokoh-tokoh atau bahkan museum. Beberapa bangunan di Bryggen sengaja tidak direnovasi untuk mempertahankan keasliannya. Bryggen merupakan salah satu situs warisan dunia yang ditetapkan oleh UNESCO sejak tahun 1979.

 




 


  1. University of Bergen

Kalau mau kuliah gratis maka University of Bergen merupakan salah satu list yang harus dicoba, karena memang universitas di Norway tidak mengutip uang SPP dari mahasiswanya. Universitas ini punya sekitar 17.000 mahasiswa mulai dari level S1 hingga S3. Universitas ini masuk ke dalam peringkat 200 terbaik dunia atau tepatnya di ranking 148 tahun 2010 silam. Hampir semua fakultas dan jurusan ada di Universitas ini. Dulu saya sempat kuliah sebentar, tepatnya sekitar 2 minggu untuk sebuah shortcourse di Universitas ini. Meski sebentar saya masih ingin untuk kembali kesini kapan- kapan. 

 


 


  1. City of Bergen

Kota bergen juga menarik untuk dikunjungi, cuma harus siap-siap kalau suasana di sini hampir selalu dingin. Rata-rata pada musim panas saja atau sekitar bulan Juli itu suhu maksimalnya hanya sekitar 15 derajat Celcius, sedangkan waktu musim dingin hampir selalu minus. Saya ingat waktu kuliah di sana dulu, kebetulan lagi musim dingin, matahari baru keluar Sekitar jam 9 pagi sedangkan jam 3 sore sudah terbenam. Jadi kalau misalnya tidak siap dengan suhu yang dingin maka harus pikir dua kali untuk berkunjung ke kota ini atau kota manapun di Norwegia. Satu hal lagi penginapan di Norwegia umumnya mahal karena memang mata uang mereka sangat mahal dibandingkan kota-kota lain yang ada di Eropa. Bahkan kalau menurut pengalaman saya lebih kurang sama harganya dengan Poundsterling waktu berkunjung ke Inggris. Kisah saya pernah bangkrut waktu ke Inggris tepatnya saat tinggal sekitar sebulan di London nanti kapan-kapan saya ceritakan ya. 

 


 


Sekian dulu cerita tentang dargan Silahkan dinikmati foto-fotonya. Terima kasih. 



Selama bulan puasa Ini saya mencoba membuat tantangan buat diri sendiri yaitu one day one Post. Mengingat blog ini sekarang sudah sangat jarang saya update, jadi saya ingin menggunakan kesempatan Puasa tahun ini untuk lebih produktif, khususnya dengan memposting satu tulisan di blog situnis.com ini setiap hari menjelang buka puasa. Biasanya kalau kita nunggu buka puasa itu kan lama, tapi kalau ada kerjaan yang diburu, misalnya menulis, ada tantangan yang dirasakan sehingga waktu terasa lebih cepat. Walaupun sebenarnya lebih bagus kalau ibadah seperti mengaji. Tapi saya anggap memposting tulisan ini adalah salah satu bentuk ibadah atau sharing experience dengan teman-teman yang membaca blog ini. Topik topik postingan itu terkait dengan pengalaman jalan-jalan di Eropa, Afrika, Amerika dan Asia tentunya, baik kota atau negaranya. Masing-masing kota yang ingin saya post tulisannya sudah saya buatkan list. Berikut adalah kota yang ingin saya post setiap hari selama bulan puasa. Kalau mau membaca cerita di masing-masing kota ini silahkan di klik langsung Link di kota tersebut. 

  1. Maastricht - Belanda

  2. Appeldorn - Belanda

  3. Aachen - Jerman

  4. Bergen - Norway

  5. Helsinki - Finlandia

  6. Copenhagen- Denmark

  7. Berlin - Jerman

  8. Jenewa - Swiss

  9. Istanbul - Turki

  10. Jena - Jerman

  11. London - Inggris

  12. Brussel - Belgia

  13. Tehran - Iran

  14. Kairo - Mesir

  15. Vancouver - Kanada

  16. Fort Portal - Uganda

  17. Arba Minch - Ethiopia

  18. Dusseldorf - Jerman

  19. Budapest - Hungaria

  20. Delhi - India

  21. Hanoi - Vietnam

  22. Riga - Latvia

  23. Bangkok - Thailand

  24. Kuala Leuhob - Malaya

  25. Bangalore - India

  26. Bonn - Jerman

  27. Warsawa - Polandia

  28. Vienna - Austria

  29. Bratislava - Slovakia

  30. Praha - Ceko

No comments

Powered by Blogger.