Header Ads

Cara Daftar Seller Tokopedia Melalui HP. Dan Cara Posting Produk Pertama


Udah sering belanda di Tokepedia belum? Atau udah sering jualan disana? Kali ini saya mau nulis tentang bagaimana caranya kita bisa menjadi seller di Tokopedia, dan memposting barang yang mau kita jual. Memulai berjualan online di Tokopedia bisa menjadi pilihan yang bagus bagi para pemilik usaha. Baik yang baru mulai maupun yang sudah punya toko. Tidak heran jika Tokopedia sudah memiliki lebih dari 90 juta pengguna dari seluruh penjuru Indonesia. Gratis, logistik lengkap, dan kaya fitur. 

Namun jika kamu hanya sekedar mendaftar akun dan upload produk, maka kamu akan kesulitan untuk mendapatkan orderan. Diperlukan strategi khusus bagi para pemilik toko seperti kamu. Langkah awal sebelum memulai jualan di Tokopedia adalah kamu harus punya rencana terlebih dahulu sebelum mulai jualan di Tokopedia. Apakah kamu akan menjual produk sendiri? Menjadi Reseller? Atau menjadi dropshipper? Sebenarnya, baik menjadi reseller atau dropshipper di Tokopedia atau menjual barang sendiri, secara teknis sama.

Namun, jika kamu lebih memilih menjadi reseller, maka itu berarti kamu nantinya akan membantu produsen untuk memasarkan produk mereka. Kemudian menjual kembali dengan mark-up harga yang sesuai kesepakatan.

Kelebihan menjadi reseller di Tokopedia tentunya kamu dapat mengumpulkan supplier besar dan membantu mereka berjualan. Kamu akan mendapat potongan harga seller, tidak perlu memproduksi, tinggal stok lalu jual.

Untuk daftar seller Tokopedia bisa dilakukan melalui HP atau PC/Desktop. Pilih sesuka kamu. Jika memang ingin lebih praktis, silahkan daftar melalui HP. Namun jika ingin lebih leluasa, silahkan daftar melalui PC.

Langkah daftar jadi seller menggunakan aplikasi Tokopedia dibawah ini melalui HP. Untuk PC/Desktop kurang lebih sama, silahkan sesuaikan. Caranya seperti dibawah ini :

1.     Silahkan masuk ke aplikasi Tokopedia atau situs web Tokopedia.

2.     Lalu, Tap Akun > Akun Toko.

3.     Lalu, Tap Buka Toko Gratis.

4.     Isi nomor ponsel kamu, kemudian input kode OTP untuk verifikasi.

5.     Isi nama kamu sesuai dengan KTP.

6.     Isi nama toko kamu beserta domain. (Domain = username. Contohnya : tokopedia.com/tokoaku).

7.     Silahkan isi surei singkat dari Tokopedia. Jawab sesuai kondisi toko kamu saat ini.

8.     Isi alamat toko kamu dengan lengkap. Pastikan kamu mencantumkan nama jalan, nomor rumah, RT/RW, dan Kode Pos. Semua itu bertujuan untuk memudahkan dalam penjemputan dan pengantaran barang.

9.     Selesai. Kini toko kamu sudah siap dipakai untuk jualan online di Tokopedia. 


 

 

Setelah punya toko di Tokopedia, kini saatnya untuk kamu posting produk pertama yang hendak dijual. Berikut langkah-langkahnya :

1.     Membuka aplikasi Tokopedia atau situs web Tokopedia.

2.     Tap > Tambah Produk.

3.     Upload foto produk kamu.

4.     Masukkan nama produk dan kategorinya.

5.     Masukkan harga yang kompetitif. Jangan terlalu mahal dan jangan juga terlalu murah.

6.     Isi informasi produk dan jasa pengiriman secara lengkap. Pastikan kamu mencantumkan informasi berapa stok-nya, apa saja variasinya, kondisinya masih baru atau bekas, beratnya berapa Kg, serta deskripsi produk yang lengkap.

7.     Tap > Simpan.

8.     Selesai.

Kini, toko kamu sudah punya produk baru. Silahkan tambahkan produk baru untuk melengkapi etalase toko kamu di Tokopedia.

Tokopedia telah menyiapkan sarana gratis untuk mendukung performa toko kamu, yaitu Voucher Toko. Voucer ini terdiri dari 2 tipe yaitu Cashback dan Gratis Ongkir. Hanya saja, seluruh nominal promosi di fitur Voucher Toko ini, semuanya ditanggung oleh pemilik toko 100 %. Voucher Cashback bisa digunakan untuk menambah reputasi toko kamu. Sementara voucher Gratis Ongkir bisa digunakan jika target pasar kamu berada di seluruh Indonesia.



No comments

Powered by Blogger.