Header Ads

Variasi Minuman Kekinian: Kamu Pasti Suka

Selain camilan sehat, dan dessert, ternyata minuman juga menjadi salah satu pelengkap kuliner yang tidak boleh dilupakan. Bukan hanya menghilangkan dahaga, minuman juga bisa meningkatkan mood. Variasi minuman pun semakin banyak. Tentunya dibuat untuk menarik perhatian konsumen.

Beberapa variasi minuman ini pasti banyak yang akan kamu suka. Selain rasa, gaya penyajiannya pun bisa memikat lidah dan mata pada saat bersamaan. Untuk itu saya rangkum beberapa varian minuman yang pasti kamu suka:

Variasi minuman berbahan dasar kopi

Macchiato

Foto: pixabay.com

Belakangan ini fenomena kopi dan kedai kopi menjamur di Indonesia, terutama di kota-kota besar. Dari kalangan mahasiswa hingga pekerja kantoran, kopi dari kedai kopi ini sangat digandrungi. Salah satu variasi minuman kekinian ini adalah macchiato.

Sering disebut espresso macchiato, adalah minuman kopi espresso dengan sedikit susu, biasanya berbusa. Dalam bahasa Italia, macchiato berarti "bernoda" atau "berbintik" sehingga terjemahan harfiah dari caffè macchiato adalah "bernoda" atau "kopi bertanda".

Busa dari macchiato ini biasanya bisa didesain secantik mungkin. Banyak dari konsumen yang akhirnya membuat momen tertentu dengan minuman satu ini. Terkadang harganya pun tergantung dari desain penyajian Macchiato.

Macchiato memiliki rasio espresso dan susu tertinggi dari semua jenis minuman yang dibuat dengan bahan-bahan tersebut. Minuman ini biasanya disiapkan dengan menuangkan sedikit susu hangat langsung ke dalam satu gelas espresso. Sering juga ditambahkan pasta kacang almond dalam minuman ini. Satu resep membutuhkan 5–10 g (1–2 sendok teh) susu yang dipanaskan hingga 60–66 ° C (140–150 ° F)

 

Affogato

Foto: pixabay.com

Italia memang rajanya kuliner lezat. Affogato adalah dessert sekaligus minuman dengan berbahan dasar espresso dan gelato. Kalau kopi yang satu ini bisa jadi favorit wanita di dunia. Gelato dalam affogato cenderung halus dan tebal, seperti sedang memakan mochi yang bisa mencair.

Seperti kebanyakan hidangan Italia yang enak lainnya, affogato sangat mengesankan. Kata "affogato" secara harfiah diterjemahkan menjadi "tenggelam" dalam bahasa Italia, mengacu pada gelato dingin yang ditenggelamkan oleh espresso panas.

Kamus Merriam-Webster mencantumkan penggunaan pertama kata affogato yang diketahui dalam bahasa Inggris pada tahun 1992, dan pada tahun tersebut juga Affogato mendapatkan popularitasnya di AS. Lima tahun terakhir Affogato menjadi booming kembali termasuk di Indonesia.

Tren affogato membuat menjamurnya model restoran yang terinspirasi dari Italia dan kedai kopi kecil dengan menambahkan menu affogato dalam hidangan mereka. Bahkan, Starbucks meluncurkan sederet minuman yang terinspirasi affogato.

Jangan takut dengan rasa pahit dari espresso karena ada gelato dalam affogato. Ini saatnya kamu para pecinta gelato untuk masuk dalam dunia perkopian.

 

Variasi Minuman Berbahan Dasar Soda

Mojito

Foto: pixabay.com

Ada yang mengenal mojito? Pada dasarnya Mojito adalah minuman dengan alkohol di dalamnya. Seiring berjalannya waktu, karena minuman ini sangat menarik secara tampilan dan rasanya yang segar menjadikan, beberapa cafe di Indonesia menyajikan Mojito tanpa alkohol. Memang kesegaran Mojito tetap terasa walaupun tanpa alkohol.

Mojito adalah minuman khas Kuba, dengan tampilan padu padan warna yang sangat menarik dan terkadang memiliki campuran buah-buahan dan daun mint di dalamnya. Bahan dasar soda dan sirup membuat Mojito  semakin segar.

Di Indonesia, varian Mojito murah tersebar dengan kemasan plastik seperti wadah infused. Dengan hanya mengeluarkan Rp 25,000,- kamu bisa menikmati minuman ini. Ingin buat sendiri di rumah? Tentu saja bisa, sediakan plain soda, satu sendok sirup (sesuai selera), daun mint dan buah dengan sedikit ditumbuk. Masukkan es batu dalam wadah dan campurkan semua bahan. Mojito pun siap diminum. Selamat menikmati!

Floats

Float

Foto: toriavey.com

Float adalah minuman soda dengan ice cream di atasnya. Float sendiri artinya adalah mengapung. Nama float sendiri diambil dari tampilan es krim yang mengapung berkat soda.

Minuman itu bersifat krim dan mengandung sedikit karbonasi, dan tidak ada kafein. Bahan-bahannya termasuk susu skim, krim, dan dinitrogen oksida untuk membuat busa. Varian float biasa dibuat dengan soda plain dengan sirup dan buah potong seperti strawberry dengan ice cream sebagai toppingnya.

Varian minuman mana yang kamu suka dan pernah kamu buat? Bagikan di kolom komentar tentang pengalaman kamu membuat dan menikmati varian minuman tersebut, ya! Pastikan kamu mengonsumsi varian minuman ini dengan camilan seperti biskuit, kacang, brownies atau cupcake. Selamat mencoba membuat di rumah dan selamat menikmati!

1 comment:

Powered by Blogger.