Header Ads

Vaksin covid-19: Apakah aman digunakan? Dan Kapan Pandemik Covid-19 bisa Berakhir?

 

Hingga pertengahan Desember 2020, lebih dari 75 juta orang diseuluruh dunia didiagnosa dengan penyakit covid-19. Dari jumlah tersebut, lebih 1.5 juta telah meninggal, 52 juta lebih sudah sembuh, dan lainnya sedang dalam proses perawatan. Ditengah pandemic yang terus berlangsung, dan sepertinya tidak akan berhenti dalam waktu dekat, penduduk dunia terus berharap kepada dua hal; pertama virus tersebut bisa menghilang atau menjinak seperti virus yang lain, bisa dengan terbentuknya herd immunity, atau mutasi dari sivirus itu sendiri dan kedua  vaksin untuk virus segera ditemukan,  yang berarti secara alami atau buatan tubuh kita dapat terhindar dari serangan virus tersebut.

Kapan pandemic covid-19 bisa berakhir?

Berharap agar virus covid-19 bisa menghilang atau menjinak, mungkin ini harapan yang paling sulit untuk saat ini, tapi kalau ini terjadi, maka seluruh vaksin, program pencegarah penyebaran penyakit seperti pakai masker, jaga jarak dan sebagainya, akan tidak berlaku lagi, toh virusnya sudah pergi. Apa hal ini bisa terjadi? Belajar dari kasus flu spanyol atau Spanish flu yang pernah menyerang tahun 1918, dimana pandemik flu ini menyerang lebih 500 juta orang, dan membunuh lebih dari 50 juta orang dalam waktu dua tahun saja di seluruh dunia, atau tepatnya mulai tersebar sejak Februari 1918 dan berakhir April, 1920. Salah satu alasan yang disimpulkan peneliti adalah bahwa dalam dua tahun tersebut, virus flu ini sudah menyerang hampir semua orang diseluruh dunia, sehingga tidak ada lagi ruang untuk bergerak dan menyerang mangsa lain, dan setelah dua tahun tersebut, imunitas penduduk dunia sudah terbentuk, sehingga serangan virus tidak lagi berbhaya bagi tubuh manusia.  Beberapa peneliti malah menganggan virus ini masih ada hingga kini, namun, seperti dituliskan diatas, tidak lagi berbahaya bagi tubuh manusia.

Kesimpulannya, kalau berkaca dari flu spanyol diatas, maka penyakit covid-19 ini seharusnya akan berakhir akhir tahun depan, setelah si virus menyerang seleruh penduduk dunia, menyebabkan lebih banyak kematian dan tentunya herd immunity penduduk sudah terbentuk.

Keamanan Vaksin

Harapan kedua adalah agar segera ditemukan vaksin corona yang aman, murah, terjangkau untuk menghentikan penyebaran si virus corona baru ini. Harapan ini bisa dibilang gampang-gampang susah untuk diwujudkan, kenapa demikian? Pertama untuk membuat vaksin itu biasanya butuh waktu yang lama untuk dibuat dan di uji, dan yang kedua, keamanan dan kemampuan dari si vaksin hanya bisa dijawab oleh waktu, artinya kita hanya bisa tahu efektivitas jangkan Panjang dari vaksin tersebut setelah lama digunakan, atau setelah kemungkinan beberapa serangan ulang dari virus dimaksud. Karena pada prinsipnya kerja vaksin adalah untuk membentuk antibody agar bisa menangkal serangan dari si virus.

Saat ini telah muncul beberapa klaim dari perusahaan farmasi dunia, bahkan Sebagian di support oleh negaranya terkain dengan vaksin untuk covid-19 yang Sudha berhasil mereka buat. Pemerintah Indonesia juga sepertinya sudah mengambil ancang-ancang untuk membeli vaksin yang di klaim oleh negara tertentu pula.

Pertanyaanya, apakah vaksin itu aman digunakan?

Berkaca dari beberapa laporan awal dari berbagai vaksin yang terlah berhasil dibuat dan diujikan pada beberapa relawan ditemukan bahwa Sebagian relawan tersebut mengalami berbagai masalah seperti sakit kepala, mula muntah, dan sebagainya. Namun hingga saat ini belum ada laporan tentang kematian pada relawan akibat dari ujicoba vaksin tersebut. Pada saat ini yang sama, efikasi rate hingga 95%, yang berarti bahwa vaksin tersebut cukup ampuh untuk menghalau serangan virus kedepannya.

Namun, ada satu pertanyaan yang hingga kini belum bisa dijawab dengan tuntas oleh para ilmuan, yaitu “kenapa virus HIV yang sudah menyerang lebih dari 30 tahun hingga kini belum ada vaksinnya? Sedangkan covid-19 yang belum setahun sudah banyak kandidat vaksinnya?”

Kalau ada yang bisa jawab, silakan tinggalkan jawaban di kolm komentar dibawah J

Terkahir, buat kami yang tertarik untuk membaca atau mencari informasi yang lebih detil terkait dengan vaksin  ini, silakan berkunjung ke website halodoc, bisa juga download aplikasi Halodoc untuk berbicara pada dokter lewat chat

Sekian, semoga bermanfaat!

 

 

 

 

No comments

Powered by Blogger.