Header Ads

VSCO; Aplikasi Editing Foto yang Jadikan Feed Instagram Kamu Semakin Keren

Salah satu hobi saya adalah fotografi. Saya sangat suka memotret objek baik itu manusia, hewan, dan keindahan alam. Dulu, ketika kamera ponsel belum secanggih sekarang, kamera DSLR adalah andalan saya. Setiap traveling ke suatu tempat, kamera DSLR selalu menjadi teman. Namun kini, ketika ponsel naik kelas menjadi ponsel pintar dengan kualitas kamera yang aduhai, saya pun berpindah hati. Mengambil gambar dengan kamera hp lebih praktis ketimbang harus menenteng kamera DSLR. Selain praktis, dengan menggunakan kamera ponsel, saya tidak perlu menyimpan ke PC atau laptop kalau mau mengedit dan memposting foto ke media sosial yang saya miliki. Cukup gunakan aplikasi editing foto dan langsung upload ke instagram atau media sosial lainnya. 

Salah satu aplikasi editing foto yang saya gunakan untuk mengedit hasil jepretan saya adalah VSCO. 

Apa itu aplikasi editing foto VSCO?

VSCO adalah sebuah aplikasi editing foto yang memiliki pilihan filter yang unik, elegan, dan menarik. Filter yang ada di aplikasi VSCO tidak dapat diperoleh di aplikasi lainnya. Aplikasi ini dapat diunduh di Google Play untuk pengguna perangkat Android dan App Store untuk pengguna iOS. 

Keuntungan menggunakan filter yang terdapat pada VSCO adalah foto-foto hasil bidikan saya menjadi lebih bagus dan feed instagram saya menjadi lebih menarik. Mengedit foto dengan menggunakan VSCO mampu menyulap foto saya layaknya foto yang diambil fotografer handal.

10 filter VSCO yang direkomendasikan untuk edit foto

Banyak sekali filer di VSCO yang bisa digunakan untuk mengedit foto. Filter-filter tersebut ada yang gratis maupun berbayar. Untuk mengedit foto, kita bisa menggunakan foto yang telah ada di memory smartphone atau yang diambil dengan kamera yang terdapat pada aplikasi editing foto ini. 

Aplikasi VSCO bisa langsung diunduh lewat google play. Kalau ingin menikmati filter premium yang menjadikan foto semakin ciamik, kamu juga bisa berlangganan aplikasi VSCO (fullpack). Sedangkan untuk pengaturan fotonya, yang bisa dapat dilakukan yaitu penambahan atau pengurangan volume dari exposure, contrast, adjust, sharpen, saturation, tone, white balance, skin tone, vignette, grain, fade, dan split tone.

Fyi, saat ini sedang ada promo Google Play, lho. Kamu bisa menikmati promo upgrade VSCO di Google Play dengan cashback 15.000 untuk pengguna baru GoPay dari di bulan Juli 2020. Kalian bisa langsung cek di sini ya!

Berikut adalah 10 filter VSCO yang paling direkomendasikan. Saya membaginya menjadi 5 filter yang bisa kamu gunakan secara gratis dan 5 filter premium yang bisa kamu dapatkan dengan berlangganan aplikasi editing foto VSCO.

5 filter terbaik dan gratis dari VSCO

01. P5

P5 adalah salah satu filter VSCO yang populer dan membuat semuanya terasa sedikit lebih edgy, agak cool dan lebih beratmosfer, seperti cahaya sebelum badai. Filter ini menjadi pilihan yang tepat ketika kamu ingin menambahkan sedikit grunge dan grit pada foto kamu. Agar suasananya lebih menarik, kamu juga bisa dapat menambahkan goresan dan butiran halus pada foto kamu.

02. C1

C1 merupakan bagian dari filter Vibrant Classic series (C1-C3) yang cocok banget digunakan untuk berbagai tema foto. Filter ini akan menjadikan foto kamu lebih berwarna. Kamu bisa menggunakan filte C1 untuk gambar bunga, alam, atau pemandangan pantai.

03. F2

F2 adalah salah satu preset Mellow Fade F Series preset pack (F1-F3). Filter ini menjadikan foto kamu seperti film analog. Saya suka sekali dengan filter F2, selain gratis, filter matte ini bagus sekali untuk meningkatkan tone dan untuk menghidupkan momen berkesan setiap hari.

04. M5

M5 adalah salah satu seri dari filter M Series (M4-M6) yang menjadikan foto kamu terlihat vintage layaknya foto tahun 70an. M5 menjadi filter favorit saya karena mampu menghadirkan suasana yang mellow. Selain itu juga menjadikan foto terasa lebih retro khususnya untuk objek urban atau lingkungan dan bagus juga untuk foto potrait.

05. B1

Rasanya enggak lengkap kalau dari sekian banyak list filter VSCO jika tidak dilengkapi dengan preset monokrom. Bagi kamu yang ingin hasil jepretanmu berwarna hitam dan butih, maka filter Black & White Classic B Series (B1-B3) adalah pilihan yang tepat. Filter b1 khususnya enggak hanya menjadikan foto kamu berwarna hitam-putih tetapi juga menghadirkan suasana vintage.


5 filter VSCO berbayar yang paling direkomendasikan

06. S2

S2 merupakan filter VSCO yang cerah dan bersih. Dengan menggunakan filter ini dijamin foto kamu bakal terasa lebih klasik dan segar.

07. HB1

Filter HB1 sangat cocok dipakai untuk city street photography. B1 menjadikan foto kamu terlihat lebih dramatis

08. A6

Filter A6 adalah preset yang paling populer pada aplikasi editing foto VSCO. Filter ini menjadikan foto kamu menjadi lebih indah dengan pencahayaan yang bersih dengan penambahan warmth.

Filter A6

09. Dog 1, Dog 2 and Dog 3

Kalau kamu pernah menonton film animasi komedi petualangan Isle of Dogs-nya Wes Anderson, kamu pasti setuju jika film tersebut memiliki tampilan yang sangat berbeda. Ternyata pembuat film ini telah bekerja sama dengan VSCO untuk membuat tiga buah filter yang sama dengan film tersebut yaitu: Dog 1, Dog 2 dan Dog 3. 

Dog 1 menekankan warna netral dan menyembunyikan warna-warna cerah untuk menjadikan foto kamu lebih elegan, tenang dan terlihat klasik.

Dog 2 terinspirasi oleh adegan dalam film di mana siswa yang bernama Tracey Walker memanggil teman-teman sekelasnya untuk melakukan aksi. Filter ini meningkatkan rona kuning dan mencerahkan foto kamu. Efeknya cukup penuh tetapi ketika digunakan dengan cara yang benar tentu dapat membuat foto kamu terlihat berbeda.


Dog 3 memiliki rona neon ungu-merah muda dan terinspirasi oleh lab di Kota Megasaki, cocok sekali untuk cahaya sore hari.

10. A4

Filter lain yang terinspirasi dari film analog adalah Aesthetic Series (A4-A6). Karakter filter ini adalah tone yang natural, perubahan warna yang halus dan sedikit redup. Saya menyukai filter A4 karena bagus sekali untuk foto interior. Filter ini juga sangat direkomendasikan untuk fotografi makanan.


Berlangganan Aplikasi VSCO di Google Play dengan GoPay

Selain 10 filter VSCO di atas, masih banyak filter lain dari aplikasi ini yang bisa digunakan untuk editing foto. Bagi kamu yang menginginkan hasil foto terbaik dan instagram feed yang menarik, enggak kalah dari selebgram atau fotografer handal, maka buruan unduh aplikasi VSCO. Setelah mengunduh VSCO dari Google Play, kamu bisa menikmati puluhan filter gratis dari aplikasi editing foto ini. Namun, kalau kamu menginginkan foto kamu lebih berkelas enggak salahnya kalau kamu berlangganan VSCO di Google Play dan bayar dengan menggunakan GoPay.

Tutorial Menambahkan GoPay di Google Play:

  1. Masuk ke Google Play Store dan klik "Metode Pembayaran".
  2. Pilih "Tambahkan GoPay" sebagai metode pembayaran.
  3. Setelah itu klik "lanjut"
  4. Masukkan PIN GoPay. Pasang PIN GoPay jika belum terpasang.
  5. dan .... GoPay kamu sudah terpasang.
  6. Selanjutnya, kamu bisa buka aplikasi VSCO dan lakukan pembelian.
  7. Setelah itu, tinggal klik "langganan" atau "1-tap buy", selesaiii!

Kalau dulu, untuk membeli atau berlangganan aplikasi di Google Play saya harus menggunakan pulsa atau kartu kredit. Namun sekarang, saya bisa membeli aplikasi di Google play engan menggunakan GoPay, karena lebih hemat, praktis, dan banyak untungnya. Udah, gitu aja dulu ya.

No comments

Powered by Blogger.