Header Ads

Harga Smartwatch, Sebandingkah Dengan Manfaatnya?




Udah punya smartwatch belum? Ada keinginan untuk beli? Kali ini saya mau curcol sedikit tentang smartwatch ya. Setuju atau tidak, smartwatch saat ini telah menjadi produk gadget yang kian banyak dicari konsumen. Smartwatch adalah jam tangan yang mewakili berbagai fitur dalam smartphone. Di awal pemunculannya, smartwatch berfungsi layaknya jam tangan biasa namun disertai fitur tambahan untuk mendengarkan musik. Teknologi makin canggih dan smartwatch diproduksi dalam berbagai type dan merk dari produsen gawai ternama. Harga smartwatch  pun semakin bervarias.

Harga Smartwatch, Mahal atau Murah?
Dahulu, biasanya smartwatch dikenakan demi alasan efisiensi, agar pemakainya tetap terhubung dengan smartphone tanpa harus mengantongi ke sana kemari. Sebab ketika smartphone menerima pesan atau panggilan maka akan muncul di smartwatch meski kondisi smartphone disetting tanpa suara. Dengan demikian meski dalam ruang rapat, penerima pesan bisa memantau manakah pesan atau telepon yang dianggap penting untuk segera dibaca dan dijawab tanpa harus kehilangan banyak waktu.

Seiring perkembangan zaman smartwatch bisa dilakukan untuk melakukan panggilan, mengukur detak jantung, mengukur tekanan darah dan juga mencari informasi tentang sesuatu hal di dalam internet. Jika manfaat smartwatch sedemikian komplit, bagaimana dengan harga smartwatch? Terlalu mahal atau sesuai dengan fungsinya? Mari memahami beberapa fungsi smartwatch berikut ini dan memikirkan keuntungan atau menganggap fungsinya tidak setara dengan harganya:

1.    Smartwatch sebagai penunjuk waktu
Harga jam tangan bermacam-macam. Ada jam tangan yang seharga jutaan rupiah hanya berfungsi sebagai aksesoris belaka. Smartwatch punya banyak fungsi namun bisa dibeli dengan harga berkisar beberapa ratus ribu hingga 2 juta rupiah.

2.    Terkoneksi dengan smartphone
Adakala di saat harus mematikan fitur bunyi pada smartphone ketika sedang rapat, terjadi sesuatu yang serius pada anggota keluarga. Namun karena kondisi smartwatch tidak berbunyi maka pesan penting untuk meminta pertolongan tidak segera sampai. Smartwatch membantu menyaring pesan mana yang bisa dijawab dengan segera.

3.    Fungsi mengukur tekanan darah dan detak jantung
Fitur tambahan ini sangat bermanfaat untuk menunjang kesehatan. Ketika berolahraga, kita bisa memantau detak jantung sehingga bisa mengukur kemampuan tubuh apakah masih bisa berlari atau berjalan lebih jauh untuk membakar kalori.

Ditinjau dari manfaat tersebut jelas bahwa harga smartwatch sebanding dengan manfaatnya jika paham benar cara menggunakannya.

Membandingkan Berbagai Harga Smartwatch dari Berbagai Merk
Semahal apa harga smartwatch? Jika kita mau mencari informasi dan membandingkan harga smartwatch dari berbagai merk, diperoleh fakta bahwa harga smartwatch termurah dimulai dari harga 90 ribu rupiah saja. Untuk mempermudah membandingkan harga dan menemukan spesifikasi smartwatch paling tepat, lebih efisien jika berbelanja smartwatch melalui toko online.

Jika ditinjau dari kegunaannya, ada baiknya mempertimbangkan harga produk gawai semacam smartwatch sebelum membeli. Sayang sekali jika membeli smartwatch berharga mahal, berfitur canggih namun tidak paham bagaimana cara memanfaatkanya.

Untuk keperluan standar dan dikenakan anak-anak sekolah, merk dan type Smart Watch Y1 standard sudah cukup memadai dengan harga 90 ribuan. Smartphone ini cukup artistik sebagai jam tangan dan memiliki fitur untuk mendengarkan musik. Di kelas menengah, smartwatch merk  Xiaomi type Smartwatch M3 Jam Smart Band M3 Xiaomi Mi Band 3 seharga 155 ribu rupiah, Smartwatch X6 atau Y1 dilengkapi SIM card yang dijual seharga dua ratus ribuan cukup pantas jika dijadikan kado untuk sosok spesial. Smartwatch termahal biasanya adalah dari merk Garmin, harganya bisa mencapai 2 juta hingga 4 juta rupiah.

No comments

Powered by Blogger.