Header Ads

Enaknya Pakai Cyanogenmod: Android Tanpa Titipan Google


Pernah dengar cyanogenmod? Saya juga baru kemarin dengarnya, itu pun secara tidak sengaja. Awalnya saya kesal karena aplikasi di smartphone tidak bisa diupdate sebab kapasitasnya sudah penuh. Benar saja, saat saya cek internal memori, hanya sisa sekitar 2 MB, yang berarti hampir 100% kapasitas memori internalnya penuh. Jika sudah begini, untuk bisa nge-update, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, namun semua cara yang tertulis diatas sangat tidak efektif, apalagi kalau kapasitas internal cukup terbatas, hanya 512 mb - 1 GB misalnya. Aplikasi BBM saja bisa makan hampir seratus MB, belum lagi twitter dan sebagainya. Sedangkan facebook kalau saya sendiri sudah lama tidak saya instal di smartphone, alasannya karena  cepat sekali habisiin kuota internet, habisin batre dan buat hape jadi lambat.
Nah, setelah baca-baca lagi, ternyata banyak pilihan lain untuk membuat internal memory lebih luas, selain yang sudah saya sebutkan di link diatas. Dua cara diantaranya yang paling efektif yaitu dengan cara me - root smartphone dan memasang ROM lain, salah satu yang paling terkenal yaitu cyanogenmod.
Cyanogenmod bisa dikatakan sebagai android yang terbebas dari aplikasi google atau aplikasi bawaan smartphone yang sebagian besar tidak digunakan. Dengan kata lain cyanogenmoed ini adalah versi dasar dari android yang belum ditambah aplikasi ini itu oleh google atau perusahaan pembuat smartphone. Cyanogenmod  ini merupakan ROM yang dikembangkan pihak ketiga yang setahu saya tidak ada sangkut pautnya dengan google, sehingga si mbah tidak bisa nitip aplikasi khas mereka seperti toko google play, gmail dan sebagainya. Keuntungan menggunakan cyanogenmod ini banyak sekali. Pertama smartphone kita tidak penuh dengan aplikasi yang gak penting, game-game yang tidak tau pun gimana cara dimainkan, sehingga dengan hilangnya aplikasi yang tidak penting ini, smartphone kita juga bisa jadi lebih ringan, lebih cepat, batre lebih tahan lama, tidak cepat panas, dan sebagainya (eh, ini keuntungan yang keberapa ya?)
Bahkan mereka yang tidak mau diributkan, atau terlalu parno untuk menggunakan akun gmail karena takut diintip misalnya, bisa menggunakan cyanogenmod, karena dengan rom ini, aplikasi bawaan google seperti google play, google mail, dan sebagainya tidak perlu digunakan. Keuntungan lain yaitu smartphone kita punya akses root, yang dengannya bisa mengutak ngatik isi dalamnya (kalau ini kerjaannya orang IT), dan bagi yang kesusahan karena memori intenal cepat penuh, dengan akses root, aplikasi-aplikasi ini bisa dipindahkan ke SD card external. Jadi tak perlu khawatir lagi gak bisa update atau install aplikasi baru karena kapasitas internal memor yang kecil. Kita bisa install sebanyak apapun selama itu muat di SD card external.
Untuk yang mau mencoba cyanogenmod, bisa langsung saja liat berkunjung ke websitenya: Cyanogenmod. Caranya juga cukup gampang, tinggal instal installer di laptop dan didalam smartphone, ikuti petunjuk yang ada, jadi deh punya smartphone lama rasa baru. Versi terakhir cyanogenmod yang sudah ada adalah versi 12, yang selevel dengan android 5 lollipop. Sayangnya belum semua smartphone bisa diinstall rom ini, hanya smartphone terkenal saja seperti Samsung galaxy, Sony, HTC dan sebagainya. Smartphone china murah saya belum berhasil saya install, walau sudah coba-coba dari kemarin. Jadinya untuk memperbesar memori internal, saya root saja itu smartphone? Nah, apa pula itu nge-root? Sila baca tulisan selanjutnya.

No comments

Powered by Blogger.