Header Ads

Kenapa Macbook Air Sangat Tipis? Ini Jawabannya!

Macbook Air
Ketika melihat produk Apple, terutama Macbook Air yang tampilannya sangat tipis, mungkin muncul pertanyaan, bagaimana laptop ini begitu tipis? Dimana letak motherboard, baterai, serta memory penyimpan data yang di laptop biasa selalu "makan tempat"? Jawaban singkat mungkin adalah karena produk ini sudah di desain demikian tipis sehingga peralatan didalamnya juga di desain muat didalam laptop ini.
Bagaimana bisa muat? Inilah kunci jawabannya.
Jika pada laptop biasa, memory penyimpan data dan baterai (dan kadang pendingin) adalah hal yang membuat laptop tebal, apple mendesain barang-barang tersebut setipis mungkin sehingga muat didalam bodi atau cpu macbooknya. Baterai misalnya, jika laptop biasa baterainya besar, lebar bahkan ada yang sampai menonjol untuk menunjang kerja laptop dalam waktu lama, baterai didalam macbook justru didesai tipis sehingga muat dalam bodinya juga tipis.

Selain baterai, penggunaan memory penyimpanan pada macbook juga berbeda dengan laptop biasa. Jila laptop biasa menggunakan model HDD, macbook air justru menggunakan model SSD. Bedanya pada HHD memory berputar saat bekerja seperti yang sudah sering kita lihat, SSD bisa dibaratkan seperti SD card atau flashdisk yang ukurannya kecil tapi tetap punya kapasitas besar.
Dengan penggunaan memory SSD ini, membuat kinerja macbook air lebih cepat, lebih hemat energi dan tidak berisik, karena memang memory model ini tidak menggunakan putaran dalam pembacaan data seperti pada memory HDD yang biasa kita lihat. Hal ini juga menguntungkan dari segi konsumsi baterai, karena saat berjalan memori SSD tidak butuh energi sebanyak HHD, baterai di macbook bisa tahan lebih lama. Namun memoro SSD ini masih mahal, jadi tidak heran kalau macbook paling murah berharga 11 jutaan.
Baca Juga: Pengalaman dua tahun pakai Macbook Air
Itulah kira-kira jawaban kenapa macbook bisa begitu tipis. Nah, penasaran apa alasan lain yang membuat macbook begitu mahal dibandingkan laptop lain dengan spek yang relatif sama?

1 comment:

Powered by Blogger.