Header Ads

MOOC Academic Writing - MENULIS BAGIAN METHODS SEBUAH MANUSKRIP UNTUK PUBLIKASI

Bagian "Methods" dalam sebuah manuskrip untuk publikasi sangat penting karena memberikan detail tentang bagaimana penelitian dilakukan. Berikut adalah beberapa hal yang sebaiknya ada dalam bagian metode sebuah manuskrip:

1. Deskripsi Pendekatan Penelitian: Jelaskan metode penelitian secara umum, termasuk pendekatan yang digunakan (misalnya eksperimental, observasional, kualitatif, kuantitatif, dll.).

2. Populasi Penelitian: Jelaskan populasi atau sampel yang diteliti. Sertakan kriteria inklusi dan eksklusi jika relevan.

3. Prosedur Pengumpulan Data: Jelaskan secara detail bagaimana data dikumpulkan. Ini bisa mencakup instrumen yang digunakan, teknik pengumpulan data, lokasi penelitian, dan waktu pengumpulan data.

4. Variabel yang Diukur: Sebutkan variabel yang diukur dalam penelitian, termasuk variabel dependen dan independen.

5. Pengukuran dan Alat: Jelaskan alat atau instrumen yang digunakan untuk mengukur variabel. Jika alat telah diuji keandalannya atau validitasnya, sertakan informasi tersebut.

6. Rancangan Penelitian: Jelaskan rancangan penelitian yang digunakan, apakah itu studi kasus, survei, eksperimen, studi longitudinal, atau studi lintas sektoral.

7. Analisis Data: Jelaskan metode analisis data yang digunakan, termasuk teknik statistik jika relevan. Sertakan informasi tentang perangkat lunak statistik yang digunakan.

8. Etimologi dan Keamanan: Jika penelitian melibatkan subjek manusia, sertakan informasi tentang persetujuan etika dan langkah-langkah keamanan yang diambil.

9. Pengolahan Atau Analisa Data: Jelaskan langkah-langkah yang diambil untuk membersihkan dan menganalisis data. Ini termasuk teknik statistik atau perangkat lunak yang digunakan untuk menganalisis data.

Dengan memasukkan informasi-informasi ini, pembaca akan memiliki pemahaman yang jelas tentang bagaimana penelitian dilakukan dan akan dapat menilai keandalannya serta relevansinya.

Penjelasan dan contoh penulisan bagian methods sebuah manuskrip dapat dilihat pada video berikut:


Semua video MOOC Academic Writing dapat diakses di link berikut: Link Semua Video MOOC

Video masing masing tema dapat di akses di link dibawah ini: 
Video 1 - Perkenalan
Video 6 - Penulisan esai
Video 13 - Cara menulis bagian methods manuskrip

Terima kasih kami ucapkan untuk semua pihak yang sudah membantu kami menyiapkan video MOOC academic writing ini.

Jilka ada hal lain yang ingin ditanyakan atau didiskusikan, silakan ditanyakan di kolom komentar dibawah ini. 




No comments

Powered by Blogger.