Header Ads

Di Aceh, Cantik Bisa Sebabkan Kebakaran


Pemandangan
Pemandangan di Blang Pidie
Saat sedang duduk di kursi lobi hotel kecil di kota Blang Pidie – Kabupaten Abdya – Aceh, dua orang pegawai hotel cowok mendekati saya, mengajak ngobrol mengenai berita koran harian yang sedang saya baca. Salah satu berita yang tertulis disana adalah mengenai peristiwa kebakaran yang melanda kota sebelah. Beritanya, lebih dari 10 ruko terbakar, walau penghuninya selamat, kerugian katanya mencapai milyaran rupiah.

 “Ruko nya itu kayu semua lah, bangunan lama, makanya mudah terbakar”, sebut seorang pegawai. “itulah, maen cantek  sembarangan”, sebut yang satunya lagi. 


Mendengar jawaban ini, dahi saya berkerut, bagaimana bisa kecantikan bisa memicu kebakaran? Siapa gadis cantik itu bisa membuat kerugian sampai milyaran?  Diskusi sampai disitu saja, saya tidak ingin melanjutkan dengan bertanya mengenai kecantikan yang memicu kebakaran. 

Halaman koran yang lain saya buka, kali ini tentang seorang artis senior yang ditangkap polisi karena kepemilikan narkoba jadi headline berita. “ah ketangkap lagi ini orang, sebut saya tanpa memperoleh komentar dari kedua pegawai yang duduk di kursi depan dan samping saya. 


“eh, pinjam cantek lah sebentar, udah dari pagi belum hisap ni”, sebut pegawai yang duduk kursi samping saya. Hah? Cantek? Hisap? Apakah ada sesuatu yang jorok disini akan terjadi?`wallahu a’lam, belum sempat berfikir panjang, si kawan sudah menjawab “cantek-ku kan qe yang pinjam (qe = kau atau kamu, dalam logat Indo-Aceh). Nah, apalagi ini? Kedua cowok ini kehilangan kecantikannya. Padahal mereka cowok normal yang tidak nampak ada “kelainan yang melambai” sama sekali, tetapi bagaimana bisa mereka memeperebutkan kecantikan? 

Setelah pamit dari saya, keduanya beranjak ke meja resepsionis, katanya mau mencari “cantek” mereka yang hilang. Saya hanya mengiyakan sambil lanjut membaca koran. Beberapa saat kemudian, keduanya tampak kegirangan, “nah, ini kan cantek qe? Kau taruk disini tapi kau tanya sama aku, teriak salah satu dari mereka sambil mengangkat tinggi tinggi si cantek ke dekat muka kawannnya. 

Dan betapa kagetnya saya ternyata cantek yang mereka cari adalah sebuat korek api. Setelah saya konfirmasi, ternyata bahasa setempat untuk korek apa adalah cantek. Pantesan si cantek di daerah Aceh Barat Daya ini bisa menyebabkan kebakaran.

6 comments:

  1. Ya ampun, pantesan bisa menyebabkan kebakaran, cantek = korek api. serius banget aku ngebacanya hahahah

    ReplyDelete
  2. Oh.. rupanya korek api cantek itu haha.

    ReplyDelete
  3. Hahahah ternyata cantek itu korek api toooh hahahha mayan belajar bahasa baru :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini bukan bahasa Aceh, tapi istilah yang hanya ada di Blang pidie :)

      Delete

Powered by Blogger.