Header Ads

Gampong.net: Kumpulan Situs Positif


Bosan dengan banyaknya situs negatif yang beredar di dunia maya, Komunitas Masyarakat Informasi Teknologi (MIT) yang berbasis di Aceh ini tidak hanya diam dan protes, tapi mereka langsung beraksi, dengan membuat website berisi kumpulan situs-situs positif yang layak dan aman untuk di kunjungi. Ide untuk mengumpulkan situs-situs positif ini layak di apresiasi, karena dengan adanya situs seperti ini, kita yang bergelut di dunia maya juga bisa menjadikan website gampong.net, dimana situs-situs positif dimuat, menjadi rujukan dalam kegiatan sehari hari.
Usia gampong.net yang masih seusia jagung memang belum begitu terkenal, jadi tidak heran jumlah website yang sudah mereka list juga masih terbatas. “Kita kan masih baru, website dengan konten positif juga sedikit yang sudah kita masukkan, masih sebatas di Aceh, tapi bukan tidak mungkin untuk memasukkan website-website nasional” sebut Teuku Farhan, salah satu penggagas website gampong.net yang saat ini juga menjabat sebagai ketua MIT.

Dalam hal website yang akan dimasukkan kedalam gampong.net ini, komunitas ini ternyata sangat selektif, “kita akan diskusi dulu dengan tim, tidak sembarang memasukkan, website yang mengaku islami misalnya, tapi kontennya tentang gosip artis, ya tidak kita masukkan, begitu juga dengan blog punya tokoh masyarakat, jika kemudian tokoh ini terbukti melakukan hal yang tidak positif, ya kita keluarkan” jelas Teuku Farhan lebih lanjut. Dalam kegiatan sehari-hari, komunitas yang berbasis di Banda Aceh ini melakukan kegitan secara suka rela, “kita memang ingin berbuat sesuatu untuk masyarakat, lillah taala, kita keliling ke sekolah-sekolah, mengajarkan bagaiamana penggunaan internet secara positif, semua bermodal ke ikhlasan, bahkan acara mengenal IT di TVRI Aceh juga kita tidak berharap banyak, murni untuk mendidik masyarakat” jelasnya lebih lanjut. “Kalau dalam bentuk offline, kita sering buat pertemuan di warung kopi di banda Aceh, berkunjung ke sekolah, ke dayah, dan sebagainya, sedangkan yang online yang berbentuk website gampong.net ini.
Lebih lanjut, komunitas ini berharap agar ide-ide yang digagas ini bisa berkembang lebih luas serta dapat juga di lakukan di daerah lain di Indonesia. Khusus untuk website gampong.net mereka berharap agar lebih banyak lagi situs situs positif yang bisa dimasukkan kedalamnya. Semoga!

No comments

Powered by Blogger.