Header Ads

Apa itu Virus Corona apa bedanya dengan Covid-19?


Segala hal yang harus kamu tahu tentang korona.

Hingga tanggal 30 Mei 2020, lebih dari 25 ribu orang di Indonesia dinyatakan positif mengalami covid-19. Dari total jumlah tersebut, lebih dari 6000 orang sudah sembuh, sedangkan sekitar 1500 orang meninggal. Dengan kata lain, hingga tanggal tersebut sekitra 17 ribu orang masih dalam perawatan di Rumah sakit. Selain jumlah diatas, ada puluhan ribu lain yang masuk dalam Orang Dalam Pengawasan atau ODP. Mereka dipantau khusus oleh tim kesehatan karena berbagai alasan, misalnya karena pernah melakukan perjalanan ke daerah dimana penyebaran corona sangat tinggi, atau dicurigai pernah kontak langsung dengan penderita Covid-19.

Apa itu Virus Corona, apa beda dengan COVID-19
Virus corona merupakan virus baru yang menyebabkan penyakit covid-19. Disebut Covid-19 oleh WHO karena merupakan kepanjangan dari Coronavirus Diseases (COVID) dan pertama sekali muncul tahun 2019. Disebut korona karena bentuk virus tersebut kalau dilihat dibawah mikroskop seperti mahkota, atau corona dalam bahasa Inggris. Jadi kesimpulannya, virus corona atau coronavirus merupakan virus penyebab penyakit infeksi, sedangkan nama penyakitnya adalah COVID-19.

Apa tanda dan Gejalan Penderita Covid-19?
Penderita covid-19 ini mengalami gangguan pernafasan yang sedang hingga berat. Banyak penderita  yang mengalami gejala ringan kemudian sembuh tanpa pengobatan. Namun mereka yang mengalami gejalan yang berat memerlukan perawatan khusus dirumah sakit, sehingga tidak terjadi kematian karena gagal dalam bernafas.

Siapa Yang bisa sakit atau menderita COVID-19?
Siapa saja yang pernah kontak, duduk berdekatan, atau berhubungan dengan penderita COVID-19 bisa tertular dengan penyakit ini. Diperkirakan virus tersebar saat penderita bersin dan mengenai orang sehat.


Siapa yang lebih beresiko menderita covid-19?
Orang tua, atau orang yang punya penyakit kronis lain seperti penyakit jantung, darah manis atau diabetes, penyatkit saluran pernafasan seperti asma, biasanya akan mengalami gejalan yang lebih berat. Oleh karena itu orang-orang ini sebaiknya tidak beraktivitas diluar untuk menghindari tertularnya virus corona ini. Kalau tertular juga, mereka butuh perawatan extra karena sangat beriko dan bisa berakhir dengan kematian.

Bagaimana cara mencegah atau menghindari terkenanya penyakit COVID-19 ini?
Berikut ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengurangi penularan virus ini:

  • Cuci tangan secara teratur dengan sabun dan air, atau bersihkan dengan usapan berbasis alkohol
  • Pertahankan jarak minimal 1 meter antara Anda dan orang yang batuk atau bersin
  • Hindari menyentuh wajah
  • Tutup mulut dan hidung saat batuk atau bersin
  • Tetap di rumah jika merasa tidak sehat
  • Jangan merokok dan aktivitas lain yang melemahkan paru-paru
  • Berlatih menjaga jarak dengan menghindari perjalanan yang tidak perlu dan menjauh dari kerumunan orang
Udah gitu aja dulu ya? Kalau ada pertanyaan, silakan ditanya di kolom komen

Salam sehat selalu

No comments

Powered by Blogger.