Header Ads

Cara Membersihkan Jamur di Sensor Kamera DSLR

Jadi ceritanya sensor kamera DSLR Sony Alpha saya sudah berjamur sejak hampir 2 tahun. Pernah bawa ke tempat servis kamera, tapi ongkosnya kemahalan dan tidak ada jaminan kalau jamurnya akan bersih. Pernah juga bawa ke sony servis center yang ada di Berlin (kebetulan saya menjadi warga sementara di kota ini), tapi ongkosnya dua kali lipat dibandingkan ongkos di Indo, plus tidak ada jaminan akan bersih. Jadinya saya putuskan untuk bawa pulang saja, dan tetap memotret dengan mengatur aperture sehingga jamuran di sensor ini tidak terlalu nampak di hasil foto. Selanjutnya silahkan baca cerita kegalauwan saya dengan sensor yang berjamu ini: galau lensa kamera berjamur.
Tapi yang namanya jamur di sensor kalau tidak dibersihkan ya akan terus merambat, membesar dan membuat hasil jepretannya makin hari makin tak karuan dengan bintik-bintik hitamnya. Akhirnya malam kemarin saya give up dan nekat untuk besihkan sensornya sendiri, dengan peralatan yang seadanya lagi. Thank to youtube, sebelum memulai membersihkan, saya coba nonton dulu di youtube tentang cara membersihkan sensor kamera dslr yang benar. Setelah nonton beberapa video, akhirnya saya nemu video kocak yang dibuat kay cs tentang tips dan trik membersihkan sensor kamera.
Berikut videonya

Sebelumya memang saya sering nonton video yang dibuat kay dan kawannya ini, mulai dari analisa mereka tentang kamera baru, tentang lensa, hingga tips-tips fotografi aneh yang membuat ketawa, tapi belum penah nonton tentang cara membersihkan sensor kamera. Setelah nonton yang diatas, dimana mereka nekat memasukkan debu di jalan, hingga kue kedalam bodi kamera, untuk kemudian dibersihkan kembali, hasilnya juga kembali "bersih". Terakhir yang membuat saya nekat untuk membersihkan sendiri adalah pesan si kay di akhir video, "regular cleaning of the sensor is a fairy simple task that can be done easily and effectively withdrawing all wet method, the key things to using the right tolls and not being a tool you self. Be quite cautious about how you do it, there is no point asking up you sense it for the sake convenience. So if you own confident, just let qualified sense cleaning person do it, if that kinda person exists". Kalau di simpulkan, pesannya kira-kira gini "pastikan anda tahu apa yang anda lakukan, karena pembersihan sensor itu adalah hal yang mudah dan bisa dilakukan semua orang, tapi kalau gak yakin juga, ya cari ahli yang bisa melakukan, kalau memang ahli pembersih sensor itu ada.
Saya hanya pakai pembersih biasa yang dijual di toko kamera, kebetulan kemarin belinya hanya 30 ribu rupiah karena lagi pameran. Sensornya saya bersihkan dengan kain halus dan cutton buds yang ada dalam paket ini. Cutton bud untuk membersihkan telinga kadang lebih kasar, jadi harus hati-hati.
Lain kamera, lain pula cara setting untuk membersihkan sensor, ada yang bisa disetting langsung di kamera (seperti punya sony) ada juga yang harus ditekan manual shutter agar sensornya terbuka, seperti yang dilakukan kay. Metode kering dengan semprot angin ternyata tidak terlalu efektif, baiknya pagai semprotan khusus seperti yang diapakai kawannya di kay. Kalau saya pakai metode basah seperti si kay, karena memang jamuran di sensor saya sudah kelewat banyak.
Berikut hasil foto sebelum sensor saya bersihkan.
Sebelum 1
Jamurnya sudah sangat banyak, hampir menutupi slulruh sensor, awalnya satu titik, setelah 2 tahun, jadi begini
sebelum 2
Berikut foto sesudahnya, sudah tak ada lagi kan jamur yang mengganggu?
 sesudah 1
 Satu lagi fotonya, bahkan yang ini nampak bekas airnya.
sesudah 2
Nah, buat yang ragu-ragu, atau buat yang tidak mau uangnya hilang percuma, mungkin bisa pakai salah satu cara seperti ini. Oh ya, saya tidak menjamin jamurnya akan bersih, dan lakukan semua dengan resiko sendiri. Tapi, kalau berhasil atau punya merode lain, jangan lupa tinggalin komen ya? :)

11 comments:

  1. Pake dry atau wet method? Trus alatnya yg kaya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya pakai wet method, lebih jelas bersihnya..

      Delete
  2. Pakai air apa ya gan bersihinnya? Alkohol atau apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai alkohol saja boleh kalau gak ada cairan khusus

      Delete
  3. Permisi mau tanya kamera saya sensornya ada semut cara bersihkan giman ya mohon bntuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah coba bongkar? kalau masuk ke lensa, musti bawa ke profesional sepertinya.

      Delete
  4. mas sensor nya udh saya bersih tspi jamurny gk bisa diambil solusinya gimana mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau udah begitu, musti bawa ke profesional sepertinya.

      Delete
  5. Apa nama alat pembersih sensor yang Bagus itu seperti semprotan di video tadi atau yang seperti yang putih di lap kan tadi di video

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beli VSGO sensor cleaner. Bentuknya swab sama plus cairan pembersih khusus sensor. Liat tutorial how to clean your camera sensor bahasa Inggris. Bukan apa2, banyak di Indonesia yamg buat tutorialnya rada ngawur. Swabnya di gesek2 berkali2. Ya kamera masing2 sih.... terserah yang punya. Asal jgn nyesel di akhir. Hehehe

      Delete
  6. Itu pembersih kamera 30 ribu yang ada cutton budnya mah untuk bersihib kamera bagian luar sama lensa biasanya, bukan untuk sensor. Kalau sensor pake swab khusus sensor dan sesuaikan sensor yang di pakai di kamera karena besar swabnya akan sebesar sensormya. Ada cairan khusus buat sensor yang digunakan barengan dengan swab mya kalau mau wet cleaning. Jamgan pernah pake cotton bud buat bersihib sensor, yg ada baret2. Dan jangan beli yang murah klw buat bersihiy sensor. Niat mau irit malah ngeluarin duit lebih banyak lagi nantinya. Beli aja VSGO sensor cleaner.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.