Header Ads

Cara update atau Install Aplikasi Android saat Memory Sudah Penuh


Pernah coba update aplikasi android di Smartphone namun terus menerus gagal atau error dan ada notifikasi memory sudah penuh? Padahal dilihat dari memory masih banyak untuk bisa instal atau update aplikasi di smartphone tersebut?

Berikut ada dua cara yang bisa dilakukan untuk bisa update atau install aplikasi dari play store saat notifikasi memory tidak bisa update alias error karena sudah penuh.

1. Kosongkan chache aplikasi.

Untuk mengosongkan atau menghapus chache ini, bisa dilakukan secara manual di masing masing aplikasi, atau dengan menginstall aplikasi penghapus chache yang ada di play store. Beberapa aplikasi yang bagus misalnya ccleaner atau clean master. Dengan menginstall aplikasi ini, maka proses penghapusan atau cleaning chache bisa dilakukan dengan mudah.


2. Uninstall game atau Aplikasi besar
Jika cara penghapusan chance juga tidak bisa karena memory terlanjur penuh, maka yang bisa dilakukan (dan ini sering sekali saya lakukan) adalah dengan menginstall sementara game yang memakan banyak memory, misalnya angry bird. Dengan menginstall game ini, kemungkinan besar aplikasi lain dapat di install atau di update karena data yang tersimpan dari game ini lumayan besar.
Selain game, beberapa aplikasi yang jarang digunakan juga bisa di uninstall selamanya atau sementara. Meng-uninstall game atau aplikasi yang jarang dipakai ini tidak hanya membuat memory bertambah besar, tetapi juga bisa membuat kinerja smartphone lebih cepat dan tentunya membuat baterei lebih tahan lama.

3. Rooting hape.
Nah, jika kedua cara diatas tidak sepenuhnya membuat kita bisa install atau update aplikasi android saat memorynya sudah penuh, maka cara yang paling jitu untuk bisa install atau update aplikasi android adalah dengan cara me rooting smartphonenya. Cara rooting ini berarti kita memberi akses dasar ke hape, kita bisa instal aplikasi apa saja, dari mana saja, tidak harus dari google. Dan hebatnya lagi, setelah hapenya di root, aplikasi yang gak bisa di install di CD card, dengan bantuan aplikasi khusus maka aps yang dulunya hanya bisa di install di memory internal, kini bisa di instal di SD card, namanya juga rooting, ya suka-suka kita lah.

Baca Juga: Apakah smartphone perlu di root? apa keuntungan android kalau di Root?

Nah, gimana cara rooting smartphone? Apakah dia aman? Bagaimana dengan garansi setelah smartphone di root? Baca saja tulisan saya yang lain tentang ini.

Sekian.

2 comments:

  1. Replies
    1. hape anda harus ganti baru :) you bloe bak linto saboh..

      Delete

Powered by Blogger.