Header Ads

Maksimalkan Head Unit Mobil untuk Audio yang Lebih Bersahabat di Telinga



Menjadi kendaraan favorit banyak orang di dunia, mobil tidak hanya berfokus pada spesifikasi mesinnya tetapi juga media hiburan di dalamnya. Biasanya, semakin mahal dan baru mobil yang dibeli, perangkat hiburan pun semakin lengkap. Mulai dari perangkat audio dan video dibuat dengan lebih maksimal. Akan tetapi, hal ini juga tidak menjadi hambatan bagi pemilik mobil model lama, karena Anda tetap bisa mengganti piranti hiburan tersebut dengan yang paling baru. Tentu saja, piranti yang kita maksud adalah head unit mobil yang biasanya melekat pada dasboard depan.
Hal-Hal yang Perlu Dipertimbangkan Ketika Ingin Mengganti Head Unit
Head unit memang berperan penting dalam hiburan di dalam mobil. Melalui perangkat ini,  audio mobil, Anda akan mengeluarkan musik yang diinginkan. Dulu, head unit dibuat untuk dapat memutar kaset CD. Kemudian berkembang sehingga dapat memutar DVD. Sekarang, bahkan bisa disambungkan dengan smartphone. Inilah mengapa terkadang pemilik mobil lama pun ingin mengganti head unit. Namun, sebelum mengganti piranti tersebut, sebaiknya pertimbangkan hal-hal berikut ini.
1.   Head unit seperti apa yang Anda inginkan
Memiliki audio mobil yang bersahabat dengan telinga memang dambaan semua orang, terutama jika Anda tipe yang suka mendengarkan musik untuk mengusir bosan. Tidak heran jika sebagian pemilik mobil pun menginginkan head unit yang lebih canggih. Namun, meskipun menginginkan pembaharuan, Anda juga harus tahu kriteria head unit yang sesuai dengan mobil Anda. Cek terlebih dulu, apakah speaker mobil dapat menangkap sinyal head unit baru ini.
Tidak hanya itu, pilihkan fitur head unit yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Apakah ingin head unit dengan fitur lengkap atau tidak. Perhatikan inputan musiknya, apakah dengan DVD, CD, atau USB. Adakah kontrol HPF/LPF, equalixer, dan lain-lain.
2.   Beli head unit dengan kualitas terbaik
Perangkat audio mobil juga sama dengan benda-benda elektronik lainnya, yakni produksinya terdiri dari berbagai macam kualitas. Beberapa head unit dengan fitur lengkap ada yang dijual dengan harga sangat murah, tetapi biasanya cepat rusak. Bahkan tidak bertahan sampai dua tahun. Maka lebih aman jika membeli head unit dari merk-merk terkenal, yang sudah terjamin kualitasnya.
3.   Ukuran head unit harus disesuaikan dengan tempatnya
Seperti yang kita semua tahu, head unit terletak di dasboard depan dan diletakkan pada tempat yang sudah ditentukan. Apabila Anda ingin menggantinya, tentu saja harus menyesuaikan ukuran head unit tersebut dengan ruang yang ada. Jika ada penambahan-penambahan piranti, pikirkan baik-baik apakah ruang yang tersedia itu cukup atau tidak.
4.   Apakah butuh amplifier untuk menghasilkan output maksimal?
Bisa dibilang, perangkat audio mobil yang satu ini antara butuh dan tidak butuh. Jika head unit yang dibeli punya kualitas baik dan menghasilkan suara yang jernih, tentu saja amplifier tidak terlalu dibutuhkan. Bahkan jika Anda tipe yang tidak begitu mengerti cara mengoperasikan amplifier, sebaiknya tidak perlu dibeli. Namun, jika Anda termasuk orang yang memperhatikan kualitas audio mobil mungkin amplifier memang sangat dibutuhkan.
Semua Peralatan Audio Mobil Tersedia di Bukalapak
Sekarang, ketika sudah memutuskan ingin membeli perangkat head unit seperti apa dan mungkin juga alat-alat pendukungnya, Anda tidak perlu repot lagi pergi ke toko konvensional yang jauh dari rumah. Tinggal buka aplikasi Bukalapak di smartphone atau kunjungi websitenya langsung. Temukan perangkat-perangkat elektronik untuk hiburan mobil paling lengkap dari pelapak-pelapak best seller. Pelapak yang aktif ada dari berbagai penjuru Indonesia, dan bisa diantar ke seluruh wilayah di Indonesia.

No comments

Powered by Blogger.