Header Ads

Tips Ngajak Anak Naik Bus




"Enak ya bisa keliling Eropa"!, begitu komentar kawan-kawan saya waktu saya posting foto perjalanan di Eropa beberapa bulan silam. Buat mereka yang belum pernah kesana, berkunjung ke berbagai negara Eropa seolah-olah mahal sangat, padahal asal tahu tehnik tripnya, pindah dari satu kota ke kota lain, atau dari satu negara ke negara lain di Eropa sangatlah mudah, asal tentunya mau "merakyat" dan tidak menuntut yang mewah-mewah. Dan cara paling murah untuk jalan-jalan di Eropa tentunya naik bus.

Dulu saya langganan naik Eurolines, tapi belakangan suka naik flixbus. Eurolines merupakan pemain lama bus antar negara di Eropa. Pertama kali naik tahun 2008 silam saat yang jalan dari Maastricht ke Paris sendirian. Waktu tinggal di Berlin, saya juga pernah pakai Eurolines ke Praha, Warsawa dan Kopenhagen. Kisah waktu jalan-jalan ke budapes bisa baca disini: Jalan-jalan ke Budapest


Belakangan muncul perusahaan baru yang berbasis di Jerman, namanya Flixbus. Dan sejak saat itu, flixbus jadi andalah saya, baik saat travelling antar kota di Jerman, atau keluar negeri, seperti saat pulang dari Vienna ke Berlin, Jalan dari Burssel ke Maastricht dan terakhir saat jalan dari Frankfurt ke Berlin. Flixbus kini malah sudah punya flixtrain dan juga sudah buka cabang flixbus di Amerika serikat.

Harga Tiket Bus
Nah, kalau jalan sendirian, enggak bawa anak atau barang yang banyak, pakai bus sangatlah nyaman. Harga tiket bus sangat murah dan tiket bisa dibeli online via apps atau website, bisa pilih kursi atau tambah bagasi, dan tentunya bisa bayar pakai kartu debit (bank Jerman), kartu kredit dan pakai paypal. Tiketnya pun enggak perlu di print, cukup bawa barcode yang di kirim via email, dan diperlihatkan ke supir saat mau masuk kedalam bus. Supir juga hanya men scan barcode tersebut dengan smartphonenya.


Lain ceritanya kalau jalan pakai bus plus bawa anak atau anggota keluarga yang lain, pasti jadi lebih ribet. Mulai dari makanan ektra yang harus disiapkan, pakaianya yang lebih banyak, timing yang harus lebih tepat, dan sebagainya. Tapi sering juga pas saya jalan pakai bus, banyak bule-bule yang bawa anak jalan-jalan pakai bus, ini bus antar kota lho ya, bukan bus dalam kota.

Tips Bawa Anak Pakai Bus.
Perusahaan bus di Indonesia kini punya bus yang sangat nyaman dan juga bersahabat kalau kita mau bawa anak. Jadi yang pertama sekali yang harus kita lakukan adalah menyiapkan tiket busnya. Pilih bus yang nyaman dan dapatkan harga tiket bus yang paling sesuai. Kemudian, lakukan 5 tips membawa anak bepergian naik bus dengan nyaman dan aman berikut ini:

1.  Berikan Pengertian kepada Anak
Pertama, komunikasikan dengan anak bahwa Anda akan mengajak anak untuk bepergian naik bus. Ceritakan sedikit pengalaman naik bus yang menyenangkan agar anak tidak takut naik bus. Jangan lupa, berikan pengertian berapa lama Anda dan anak akan menempuh perjalanan naik bus.



2.  Berikan Pakaian yang Nyaman
Agar anak merasa nyaman selama berada di dalam bus maka Anda perlu memperhatikan pakaian yang dipakai oleh anak. Berikan pakaian yang paling nyaman untuk anak selama menempuh perjalanan naik bus. Pilih pakaian yang menyerap keringat dan longgar agar anak merasa betah.

3.  Bawakan Makanan
Bawakan bekal makanan yang cukup untuk anak agar anak tidak merasa bosan di dalam bus. Perjalanan yang lama naik bus bisa membuat anak akan cepat rewel. Namun, jika ada bekal makanan untuk anak maka anak bisa menyibukkan diri makan camilan favoritnya selama perjalanan.



4.  Bawakan Mainan Favorit
Setiap anak tentu memiliki benda atau mainan favorit masing-masing. Jika anak Anda juga memiliki benda semacam ini maka bawakan benda itu agar anak tidak merasa bosan selama berada di dalam bus. Namun ingat, bawa mainan yang sekiranya memang memungkinkan untuk dibawa berpergian.

5.  Ajak Anak Berkomunikasi
Selama di perjalanan, ajak anak untuk berkomunikasi. Anda bisa menceritakan kisah-kisah lucu kepada anak agar anak tidak merasa bosan. Jika memang sudah terlalu bosan maka Anda bisa mengandalkan gadget. Berikan waktu kepada anak untuk bermain game seru supaya ia tidak bosan selama perjalanan.

Itulah tadi 5 tips membawa anak bepergian menggunakan bus. Sekarang, Anda sudah siap membawa anak Anda bepergian naik bus? Sebelumnya, Anda harus menemukan tiket bus dengan harga dan fasilitas yang sesuai. Langsung saja cari tiket bus yang Anda butuhkan di Bukalapak. Bukalapak menawarkan tiket bus ke berbagai tujuan dengan harga tiket bus​ yang sangat bersahabat di kantong Anda.

No comments

Powered by Blogger.