Header Ads

Agar Terlihat Lebih Menawan, Ini dia Tips Mendekorasi Ruangan dengan Hiasan Dinding



Lebaran sebentar lagi tiba, dekorasi ruangan jadi sebuah kegiatan sunat, biar tampilannya tidak begitu-begitu saja. Sedikit perubahan dalam dekorasi rumah dan hiasan dinding dapat membuat ruang tampak baru serta segar. Mendekorasi rumah juga merupakan cara terbaik untuk mengubah ruang yang membosankan supaya menjadi cerah dengan atmosfer menyenangkan. Hal ini merupakan cara tepat untuk memperbaiki suasana dan kondisi rumah agar tidak membosankan.

Dekorasi rumah dapat melibatkan semua jenis barang yang berbeda seperti warna cat, furnitur, hiasan dinding dan lain sebagainya. Beberapa orang menghabiskan jutaan rupiah untuk mendekorasi, sementara orang lain hanya menggunakan imajinasi untuk membuat perubahan. Berikut ini 12 tips penting saat ingin mendekorasi ruangan rumah Anda:

Pilih Warna Cat Terakhir
Warna cat dinding merupakan salah satu unsur penting dalam mendekorasi sebuah dinding ruangan. Warna yang diaplikasikan pada dinding seringkali menjadi identitas sang pemilik rumah. Warna cat yang bermacam-macam dengan berbagai nada dan nuansa sering kali membuat bingung untuk memilih. Dan untuk menanggulangi itu semua, alangkah baiknya jika kita memilih warna cat dinding di bagian akhir dekorasi. Mengapa begitu? Agar kita bisa menyesuaikannya dengan berbagai macam barang dan perabot di dalam rumah.

Gunakan furnitur yang praktis sebgai hiasan dinding ruangan
Furnitur merupakan objek penting, setidaknya harus ada dalam suatu ruangan. Namun pilih furnitur sederhana yang memang dibutuhkan untuk mengisi ruangan. Usahakan tidak meletakkan perabot secara berlebihan dalam suatu ruangan. Hal itu akan membuat ruangan terlihat sesak dan tidak rapi.

Gantungkan hiasan dinding berupa foto atau gambar secara tepat
Mengantung sebuah foto atau gambar pada dinding memiliki nilai seninya sendiri sehingga mampu menghasilkan tampilan pas. Nah… untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mengukurnya terlebih dahulu menggunakan photoshop atau meminta bantuan ahli.


Ketahui cara mengatur furnitur di atas karpet
Pada dasarnya ada tiga cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatur furnitur di atas karpet, yaitu:
   All on: Apabila karpet cukup besar, tempatkan semua kaki furnitur di atasnya. Ini menciptakan nuansa yang lebih mewah. Namun, pastikan untuk meninggalkan setidaknya 12 hingga 18 inci permukaan lantai di keempat sisi batas karpet.
   All off: Jika Anda memiliki ruangan kecil, jaga semua kaki dari karpet supaya hemat biaya. Karpet akan tampak seolah-olah dapat menyentuh kaki depan masing-masing potongan tempat duduk.
   Front on: Taruh saja kaki depan semua potongan tempat duduk di atas karpet untuk menciptakan ruang kesan ramah dan terbuka.

Usahakan untuk tidak menentukan tema
Menentukan tema pada suatu ruangan memang tampak lebih indah. Jika setiap bagian rumah diberikan tema berbeda-beda, justru akan terlihat tidak bagus.

Buat titik fokus ruangan
Pilih titik fokus sebagai jangkar ruangan. Jangan menempatkan semuanya sebagai peran utama; hal itu justru akan menghasilkan kebisingan visual. Pilih titik fokus yang dapat membuat perhatian serta memiliki pencahayaan yang bagus.



Pertimbangkan garis penglihatan
Titik fokus harus bebas dan jelas dari satu kamar ke bagian lain, sehingga merasa seperti ditarik di antara mereka. Itulah mengapa tempat terbaik untuk titik fokus biasanya tepat di seberang pintu masuk. Enggak seru kan kalau ada tamu yang datang saat lebaran bisa langsung melihat isi kamar kita dari ruang tamu

Mengatur ulang beberapa koleksi
Cara lain untuk mendekorasi yaitu mengatur ulang beberapa koleksi. Pastikan untuk memilih koleksi telah sesuai dan praktis. Lalu, tempatkan pada lokasi yang pas.

Variasikan skala hiasan dinding
Apa yang terlihat bagus di toko mungkin terlihat seperti gajah di rumah Anda. Atau, itu terlalu kecil untuk diletakkan dalam suatu ruangan. Jadi tetap perhatikan variasi dan proporsinya dalam ruangan. Hindari jatuh cinta” pada pandangan pertama.

Tambahkan pencahayaan
Pencahayaan merupakan unsur penting yang harus diperhatikan saat mendekorasi bagian rumah. Pencahayaan dibutuhkan untuk menciptakan minat, variasi dan juga intrik. Untuk menambah cahaya, gunakan lampu meja dan lain sebagainya.



Beranilah membuat perubahan
Gabungkan unsur-unsur tak terduga seperti kursi, rak buku bergaya perpustakaan, dan lampu gantung besar. Apabila Anda bingung mencari hiasan yang sesuai, berikut ini beberapa referensi hiasan dinding dari Qlapa.com (marketplace produk handmade terlengkap di Indonesia):

   Hiasan dinding lampu tidur. Berbahan dasar plywood. Hiasan atau dekorasi yang tepat dan sesuai dapat membuat rumah atau ruangan tampil berbeda, nyaman dan produktif.
   Gulaliku hiasan dinding bundle. Tidak hanya mempermanis dinding, namun juga sebagai self reminder menyenangkan di area rumah.
   Hiasan dinding vintage. Material bahan woodsign ini dari kayu pinus dengan teknik manual painting dengan cat akrilik dan sudah diproses agar tahan terhadap rayap atau pun ngengat.

Abaikan semua prinsip yang mendukung kreativitas
Bebaslah mendekorasi rumah sesuai keinginan. Jangan terlalu terpaku pada konsep desain yang justru akan membuat rumah terlihat monoton. Bebaskan diri untuk berkreasi dan menciptakan ruangan yang sesui dengan kepribadian. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat ya.

1 comment:

Powered by Blogger.