Header Ads

Vacuum Cleaner atau Penyedot Debu, Mana yang Benar?

staubsauber sumber lidl.de
Buat kami yang tinggal di desa, debu yang beerserakan di lantai dibersihkan bukan dengan disedot, tetapi disapu, ya disapu dengan sapu, dikumpulkan dan kemudian dibuang. Jelas saja akibatnya banyak debu yang masih beterbangan dan kemudian hinggap lagi di lantai atau didalam rumah. Untuk membersihkannya, ya di sapu lagi. 

Saya baru tahu tentang vacum cleaner setelah tiba di Eropa, saat bingung mencari sapu untuk membersihkan tempat tinggal, si penyewa malah menunjukkan Staubsauger alias vacuum cleaner  atau dalam bahasa kita disebut penyedot debu. Terang saja saya harus baca-baca dulu cara penggunaannya. Maklum di kampung saya enggak pernah pakai vacuum cleaner sebelumnya.

Karena ukurannya yang kecil, penyedot debu dapat digunakan untuk membersihkan tempat-tempat yang sulit untuk dibersihkan dengan jangkauan tangan. Bahkan alat penyedot ini pun juga dapat digunakan untuk menyedot hewan serangga-seranga kecil yang suka ngumpet di ruag-ruang sempit. Jadi kalau mau bersihin kolong-kolong sempit, kita enggak perlu pindahin perabotannya untuk kemudian di sapu, tapi cukup sedot saja langsung dengan cavuum cleaner ini.


penyedot debu, sumber vergleich.org

Oh ya, Vacuum cleaner ini banyak sekali jenis, mode, ukuran, serta harga yang juga sangat beragam, semuanya bisa disesuaikan dengan kemampuan beli dan kebutuhan. Ada yang murah meriah, buatan Cina, hingga yang mahal dan tahan lama buatan Jerman. Jadi kita harus milih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan. 

Ada dua jenis vacum cleaner:

  1. Jenis wet dan dry.
Untuk jenis penyedot yang satu ini memiliki daya sedot yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan yang lainnya. Biasanya alat ini dapat diletakan pada lantai dan kita dapat untuk membersihkannya pada semua permukaan tempat yang mau dibersihkan. Jenis vacuum cleaner ini menggunakan selang panjang yang akan terhubung dengan nozzle. Alat penyedot ini bisa digunakan untuk kondisi yang basah maupun kering.

  1. Vacuum portable.
Sesuai namanya portable, jeni ini bisa dibawa-bawa dan dapat digunakan dengan mudah dan praktis. alat ini biasanya lebih kecil dan lebih murah dibandingan dengan yang model diatas. cuma ya sedotannya tidak begitu kuat. Alat ini pun juga mudah untuk dibersihkan dalam membersihkan mobil, untuk membersihkan karpet, nozzle dan lemari.

Nah, gitu saja ceritanya. Jadi kalau ada yang nanya vacuum cleaner atau penyedot debu? jawabannya sama saja, beda bahasanya saja. Kalau mau tambah rumit, jawab yang lebih benar lagi yaitu Staubsauber tadi. Selamat bersih-bersih ya.!

1 comment:

Powered by Blogger.