Header Ads

Tips Aplikasi Visa Jerman dan Schengen di Konsul Kehormatan Medan


Sebelumnya saya sudah nulis tentang pengalaman saya melakukan apliaksi visa Schengen di konsul kehormatan Jerman yang ada di Medan, kali ini saya mau share tentang tips aplikasi visa Jerman dan Schengen di konsul kehormatan Medan. Mungkin di konsul Jerman Suarabaya kondisinya juga sama, atau bahkan di kedutaannya langsung. Bedanya hanya kalau di kedutaan kita harus buat “termin” atau appointment dulu via telpon atau email, di konsul kehormatan sejauh ini bisa datang langsung, tentunya setelah syarat-syaratnya semuanya lengkap, jangan seperti pengalaman saya yang serba kekurangan, yang akhirnya hampir ditolak. Berikut tips aplikasi visa Jerman dan visa Schengen di konsul kehormatan Jerman di Kota Medan.

  1. Pastikan semua persyaratan yang tertulis sudah kamu lengkapi, apapun tujuan kedatangannya, atau siapun sponsornya, kecuali untuk visa student dan yang dapat beasiswa DAAD, biasanya akan di fasilitasi mbak Muji DAAD Jakarta. Untuk ceklist persyaratan aplikasi bisa dilihat disini
  2. Form aplikasi harus diisi lengkap secara online di website berikut ini: Visa Jerman Online
  3. Setelah aplikasi selesai diisi dan di print, pastikan barcodenya bisa dibaca, bagusnya di print pakai printer laser, jangan printer infus.
  4. Untuk jaga-jaga, form aplikasi yang sudah di print juga disimpan di flashdish, kalau nanti gak bisa baca, bisa langsung serahin flashdisknya ke mereka.
  5. Tiket pesawat pulang pergi Indonesia - Jerman, dan tiket pesawat atau kereta yang sudah di reservasi wajib di lampirkan. Kalau saya biasanya langsung beli, karena yakin bakal dapat visanya :).
  6. Form rute perjalanan juga harus diisi, form ini bisa juga di peroleh di konsulat.
  7. Uang tabungan 3 bulan terakhir jangan lupa di print, kalau jumlahnya gak cukup, bisa pinjam punya saudara sebetar, yang pasti uangnya cukup untuk lama masa kunjungan ke Eropa.
  8. Buat yang sudah nikah, jangan lupa foto kopi buku nikahnya, kalau yang masih jomblo, cukup akte lahir.
  9. Buat yang udah bekerja, jangan lupa surat kerterangan bekerja dari atasan, contoh aplikasinya bisa di bing saja sendiri.
  10. Untuk asuransi perjalanan dan kesehatan, pengalaman saya pakai yang punya Jerman, lebih gampang dan lebih murah, bayarnya juga gak harus pakai kartu kredit, tapi bisa pakai kartu debit. Tapi pernah visa debit mandiri saya gak bisa di terima sama mereka, jadinya harus pakai kartu kredit, Untuk perusahaan asuransi yang saya pakai, luar biasanya tanggungannya gak ada batasan, tapi sorry saya gak bisa nulis nama asuransinya, karena ini bukan sponsored post :).
  11. Kalau mau pakai asuransi Indonesia seperti punya mandiri, BCA, dsb bisa saja, tapi lebih mahal dan gak semuanya tercover.
  12. Untuk foto, pastikan ukuran foto sesuai dengan ketentuan (3.5 x 4.5) seperti yang ada di panduan aplikasi visa yang ada di website kedutaan. Kalau pakai standar pasfoto Indonesia dipastikan gak diterima.
  13. Kalau gak yakin apakah syaratnya cukup, tujuan kedatangan dan sebagainya, langsung saja telpon ke konsulat, tanya langsung ke mereka, jangan kirim email, karena email jarang mereka balas.

Saya rasa cukup segitu aja dulu tips untuk aplikasi visa di konsul kehormatan jerman. semoga langsung bisa diterima aplikasi visanya ya.

Viel Erfolg (Situnis)

4 comments:

Powered by Blogger.