Header Ads

Pengalaman Pakai Ban Tubeless di Motor: Bocor Juga!


Dalam tiga hari terakhir, saya sudah tiga kali juga bolak balik ke bengkel motor. Pertama kemarin lusa, pagi-pagi mau berangkat kerja, pas keluarin kereta  dari rumah, nampaklah bannya sudah kempis. Emang sih ban luarnya sudah aus, gak ada bunganya lagi, udah mulus kayak muka artis sinetron, dan seharusnya sudah saya ganti sejak bulan yang lalu, tapi karena nunggu bula muda, nunggu gajian, jadinya ditunda-tunda terus, "nanti aja, pas gajian", saat udah gajian "nanti aja waktu sempat", pokoknya nanti-nanti terus, hingga si ban gak sanggup lagi menahan beban hidup, eh beban berat badan saya yang terus bertambah, juga berat istri dan anak yang juga terus naik walupun udah diet mayo segala #eh. Pokoknya beratalah. Belum lagi si HRV (Honda Revo maksudnya) ini sudah lumayan berumur, udah hampir satu dekade sejak saya beli, jadinya sudah ringkih sana sini, tapi urusan ban kan gak ada hubungan ya? hmmm


Baiklah, pagi ini saya yang sudah berpakaian rapi, terpaksa buka sepatu, ganti baju, pakai pakaian biasa yang lebih biasaya (maksudnya??). Dari rumah keretanya tidak saya dorong, karena sudah niat mau ganti sama ban tubeless yang emang gak pakai ban dalam, jadi kalau saya naikin ban dalamnya rusak ya emang gua pikirin, kan nantinya gak dipakai. setelah menempuh perjalanan sekitar tujuh menit, dengan kecepatan 10 km/jam, tibalah saya di bengkel abua, sebutan untuk kakek yang punya bengkel. Saya pilih bengkel itu bukan karena dekat dari rumah, tapi ya sekalian bantu-bantu orang tua yang kerjanya jaga bengkel saja. yang kerja kan anak buahnya, beliau sendiri sudah gak sekuat saat masih muda dulu.

Tida disana, langsung saja saya minta ganti ban tubeless saja. Anak buahnya dengan sigap menjemput kereta saya dari badan jalan dan dimasukkan kedalam bengkel. Saya tanya berapa harga ban tubeless, beliau jawab "dua reutoh ribee", alias dua ratus ribu, gak jauh bedan ternyata dengan ban tipe tube biasa. Setelaha diparkir cagak dua, ban belakang di bongkar, dan diganti dengan ban tubeless. Proses penggantiannya juga cepat, cuma karena ini ban tubeless, perlu dipasang pentil khusus di velg nya. Oh ya, untuk ban tubeless hanya bisa dipasang di velg racing ya, kalau di velg jari-jari biasa katanya udah bisa sih, tapi maksa namanya.

setelah dipasang pentil khusus di velg racing kereta saya, selanjutnya ban tubeless juga diapasang, sebelum dipasang di taruh lem dulu di bibir ban atau di sudut velg. setelah ban dipasang seperti biasa, langsung saja bisa diisi angin dan dipasang kembali ke motor, gampang ternyata.

Oh ya, beberapa kelebihan ban tubeless adalah, dia lebih besar, gak pakai ban dalam, dan kalau bocor bisa juga motornya dinaikin, gak perlu di dorong karena gak perlu takut rusak ban dalamnya. kekurangannya pasti ban tubless sedikit lebih mahal dari pada ban biasa, lebih cepat aus dan gak semua bengkel bisa tempel ban ini. jadi pilihannya ya terserah anda.

Setelah uang 200 ribu berpindah ke tangan di Abu, saya pun pamit, pulang untuk ganti baju dan berangkat kerja.

Kemarin, pulang kerja saya sempat cek angin bannya, karena kayaknya lembek gimana gitu, kurang angin? padahal kemarin cukup keras, tapi saya biarkan saja dulu. Sorenya ketika mau pergi jogging, bannya sudah benar-benar kempes, wah, jangan-jangan salah pasang ni bannnya, pikir saya. sekali lagi terpaksa ganti sepatu, ambil dompet dan balik lagi ke bengkel. Meski bannya sudah kempes, saya tetap bisa naik motornya, karena emang inilah kelebihan ban tubeless. Tiba di bengkel, si Abua memeriksa dimana masalahnya. dan cara periksa dimana bocornya juga beda. Jika di ban biasa setelah diiisi angin  ban dalam nya dimasukkan kedalam air, kalau ban tubeless, setelah diisi angin, maka ban akan diisi busa sabun. Kata Abua, kalau ada bocor bannya langsung ketahuan, busanya akan tertiup angin dari dalam. tapi kali ini setelah beberapa kali mutar ban, dia gak ketemu. "coba pakai dulu, besok bawa lagi kalau masih bocor" kata beliau, saya pun setuju, karena hari sudah menjelang magrib.

Setelah shalat magrib, saya cek lagi bannya, dan ternyata sudah kempes lagi. besok pagi-pagi saya sudah ke bengkel lagi, kali ini saya persilakan si Abua periksa lagi, motornya saya tinggalkan di bengkel, dan saya ke warung sebelah untuk sarapan.

Tempelan Ban Tubeless yang Bocor
 Setelah sekitar sejam saya tinggalkan, saya balik ke bengkel dan mendapatkan motor saya sudah ditempet, dan benar-benar ditempel, karena nampak bekas tempelannya. "kena paku ternyata" kata beliau.

Setelah uang 20 ribu kembali berpindah tangan, saya pun pamit karena harus berangkat kerja. Semoga ban tubeless ini gak bocor-bocor lagi. Semoga.

No comments

Powered by Blogger.