Header Ads

Tradisi Makmeugang di Aceh

Makanan Aceh
Mendengar lagu ini membuat saya ingin pesan tiket dan terbang langsung ke Aceh, tapi apa boleh buat, cukup banyak perkerjaan yang menghambat keinginan saya tersebut. Jadinya keinginan untuk dan bermakmeugang dikampung hanya bisa saya habiskan di depan laptop, sambil lagi lagi mendengar lagu ini



Lagu ciptaan Liza Aulia dan dinyayikan oleh dia sendiri menceritakan budaya makmeugang, yaitu budaya pulang kampung bagi orang Aceh yang merantau, bukan mudik? Tidak karena dalam bahasa Aceh setahu saya tidak ada istrilah mudik, tetapi ya itu, makmeugang. Tradisi makmeugang ini biasa dilakukan menjelang puasa atau menjelang lebaran, baik lebaran idul fitri atau idul adha. walaupun dalam lagu ini penyanyinya hanya menceritakan makmeugang menjelang bulan puasa.

Katanya lagi, makmeugang ini sudah menjadi tradisi turun temurun sejak zaman kesultanan Aceh, dan tradisi ini masih terus terjaga hingga sekarang. Saat pulang kampung ber makmeugang, disinilah kesempatan kita untuk bersilaturrahmi dengan seluruh keluarga, orang kampung, dan tentunya teungku-teungku tempat kita mengaji waktu kecil dulu.


Nah, bagaimana dengan orang yang tidak merantau? Makmeugang tetap ada, dan ini dilakukan dengan memasak, biasanya daging, untuk menyambut bulan puasa. Kegiatan memasak ini mungkin untuk menyambut keluarga mereka yang pulang merantau, tapi kalau tidak ada yang merantau yang untuk dimakan sendiri dan untuk persiapan saat puasa nanti.

Hawa teuh!

No comments

Powered by Blogger.