Header Ads

Beli Sepatu Online: Hati -Hati Kekecilan


Baik, kali ini saya mau cerita pengalaman beli sepatu online yang berakhir dengan kekecewaan. Gimana ceritanya? Berikut kisahnya.

Cerita ini terjadi sekitar tahun 2011 silam, saat itu jual beli online memang sudah mulai ada, tapi belum semasif sekarang, orang masih takut, curiga atau khawatir dengan belanjaannya, jangan jangan ditipu, habir bayar barangnya tak pernah tiba, belum lagi kisahnya kalau barang yang dibeli tidak sama seperti diiklankan, nampak cantik, tapi begitu dilihat langsung justru mengecewakan, begitu-begitu lah kisahnya. Meski ada rasa takut, saya tetap penasaran dengan jual beli online, karena saat itu ada kawan yang beli online, dan barangnya sesuai dengan yang dia harapkan, bahkan lebih baik dan cukup murah, dibandingkan dengan beli di toko, karena pengalaman kawan tersebut, saya nekat juga beli, dan barang yang saya beli tersebut adalah sepatu.

Merek sepatu tersebut sebenarnya lagi trend saat itu, karena di pakai sama salah seorang artis cowok yang tiap hari wara-wiri di stasiun TV. Pernah saya ke toko langsung dan tanya berapa harga yang aslinya, ternyata oh ternyata, sepatu itu memang untuk kalangan artis atau mereka yang beruang (punya uang maskudnya). Jadinya dari toko saya pulang dengan kantong hampa, alias tidak beli apa-apa. Sampai dirumah, saya coba browsing, membuka beberapa olshop yang ada di Indonesia, dan kebetulan ada toko yang menjual sepatu tdengan merek yang dimaksud tapi dengan harga yang jauh lebih rendah dari toko.Tanpa harus cari tahu lebih lanjut, saya bisa memastikan kalau sepatu tersebut adalah KW alias tiruan, bukan original. Tapi karena penasaran dengan merek, dan harga yang cukup terjangkau, apalagi ongkos kirimnya di gratiskan, saya nekat membeli sepatu tersebut, dengan ukuran yang biasa saya pakai.

Dan setelah dua hari menunggu, sepatu tersebut diantar juga sama kurir ke rumah. Tampilan kotaknya cukup baik, setelah dibuka tampaklah sepatunya yang juga cukup bagus. Tapi sekilas kelihatan kekecilan, walau dengan ukuran yang sama, sama seperti saat saya coba di toko dua hari sebelumnya. Sebelum saya coba saya sempat lihat buatan mana, ternyata buatan tiongkok saudara-saudara.dan setelah saya coba, benar deh ini sepatu kekecilan buat kaki saya, sepetunya satu hingga dua nomor lebih kecil, padahal sebelumnya saya pernah coba yang asli dan ukurannya pas untuk saya. Kalau sudah begini ya pasrah saja. Karena kalau mau kirim balik dan minta ganti, biayanya lebih banyak untuk biaya kirim dan sebagainya. Jadi sepatu kekecilan ini saya hibahkan ke keluarga yang memang punya ukuran kaki lebih kecil dari saya.

Jadi begitulah pengalaman saya beli sepatu pria bermerk, ternyata mereknya sama, ukurannnya beda, karena satunya ori, satunya lagi KW. Jadi kalau beli yang ori, kita bisa beli di mapemall.com. Di olshop ini udah jaminan kalau barangnya orginal, gak usah takut kalau sepatu kekecilan atau kebesaran, sebaliknya kalau beli yang harganya miring di tempat lain, kemungkinan besar itu barang KW dan muat atau tidaknya tidak terjamin. Gitu saja ya :)

4 comments:

  1. saya juga pernah tuh, kebetulan beli di salah satu situs ecommerce yg cukup besar..begitu barang datang & tidak sesuai harapan, saya masih bisa klaim utk mnta di refund..cuma biaya kirim emang saya yg tanggung..jadi males lg beli sepatu di olshop :p

    diniratnadewi.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanya hati2 mbak kalau beli online. amannya ya beli barang elektronik, karena gak khawatir muat atau tidak. terima kasih udah berkunjung :)

      Delete
  2. Jadi gimana tipsnya mbak kalo mau beli sepatu online? Coz kadang items yang dijual online lebih lucu ketimbang items yang dijual di toko.. Aku pengen belanja online nih.. Huhuhu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastikan dulu toko sepatu online menerima kembalian atau tukar ukuran, kalau gk nerima mending jangan. tapi kalau jauh sekali juga mahal di ongkir jadinya.

      kedua coba aja ke toko, coba tes sekarang ukurannya sudah berapa, kemudian baru ke toko online untuk beli sesuai dengan ukuran yang udah di tes di toko tadi :)

      Delete

Powered by Blogger.