Header Ads

Windows 8.1 vs Windows 10 - Apanya yang beda?

Dengan pemberian upgrade gratis dari windows 8 ke Windows 10, sebagai user kita tentu beruntung karena tidak harus mengeluarkan satu rupiahpun untuk mengupgrade windows kita. Walaupun strategi ini bukan hebat-hebat sekali secara pengguna mac selalu bisa upgrade gratis ke setiap OS X baru yang dikeluarkan oleh Apple. Sedangkan windows, seperti saat upgrade dari windows 7 ke windows 8, kita harus membelinya. Nah, dengan adanya upgrade free ini, awalnya saya sempat khawatir kalau nanti setelah pakai windows 10, aplikasi-aplikasi yang sekarang saya gunakan di windows 8.1 jadinya tidak bisa jalan, sama seperti kasus saat upgrade dawi windows 7 ke windows 8 beberapa tahun lalu.

windows 10 3 Tampilan windows 10

Tetapi ke khawatiran saya tersebut tidak terbukti, karena setelah upgrade dari windows 8.1 ke windows 10, semua aplikasi yang telah terinstall di laptop saya masih bisa berjalan seperti biasa, bahkan aplikasi-aplikasi yang belum di upgrade oleh developer sekalipun. Seperti saya sebutkan sebelumnya, upgrade windows 8.1 ke windows 10 sama seperti upgrade OS X Marvericks ke OS X Yosemite di apple, sama sekali tidak mengganggu aplikasi yang sudah diinstall, hanya OS nya saja yang di upgrade.
Tapi banyak hal baru yang saya temukan setelah upgrade ke windows 10 ini. berikut beberapa hal yang menurut saya baru:
  • Penampilan yang makin oke: Rasanya penampilan windows 10 lebih fresh dan lebih sedap dipandang dibandingkan windows 8.1 atau windows-windows versi sebelumnya.
  • Tombol start windows: sepertinya kembali ke windows XP atau windows 7, tombol start yang sempat hilang di windows 8 kini sudah kembali. begitu juga dengan tombol windows yang ada di keyboard, jika sebelumnya (Windows 8) kalau di tekan akan membuka aplikas-aplikasi yang ada di laptop, kini justru yang muncul adalah aplikasi via tombol start, persis seperti windows 7 dulu, tapi sekali lagi dengan tampilan yang lebih baik.
windows 10 2 Aplikasi baru di windows 10
  • Windows Edge: Mungkin microsoft cukup sadar kalau browser explorernya kalah bersaing dengan browser-browser lain seperti mozilla firefox atau chrome, kini mereka mengeluarkan windows Edge yang merupakan browser bawaan windows 10 secara default. Edge ini menurut saya cukup lumayan dibandingkan pendahululnya, lebih cepat, ringan dan tampilannya juga menarik. Meski sempat diprotes oleh CEO mozilla karena sistem default tersebut, saya justru tidak mengalaminya. Karena di windows 8.1 saya pakai mozilla sebagai browser default, disini pun dengan mudah saya pakai mozilla sebagai default.
  • Onenote bawaan aneh: Rasanya, perubahan paling drastis yang dilakukan microsoft adala pada aplikasi onenote, jika sebelumnya cukup enak dan mudah dilihat, kini onenote berubah drastis tampilannya. jujur saya kurang suka dengan perubahan drastis ini, tapi tetap saja saya suka dengan aplikasi ini.
  • Booting lebih cepat: Yang paling kentara dari perubahan yang dibuat microsoft di windows 10 ini ada waktu booting yang jadi sangat cepat. Jika sebelumnya di windows 8 kita kadang harus menunggu beberapa waktu untuk menghidupkan laptop, waktu untuk menghidupkan laptop di windows 10 jadi jauh lebih cepat.
  • Aplikasi lain berjalan normal: aplikasi-aplikasi lain yang kita install sendiri, seperti office, adobe, epiinfo dll, semua berjalan sebagaimana biasanya, jadi jangan takut untuk upgrade karena takut aplikasinya tidak jalan.
Sekian dulu cerita pengalaman setelah dua hari menggunakan windows 10.

No comments

Powered by Blogger.