Header Ads

Baca Buku Online dan Offline


Lama enggak nulis, bikin saya kangen untuk mengupdate blog ini dengan berbagai tulisan. Aktivitas ofline saya yang seabrek membuat blog ini terbengkalai. Mohon dimaklumi ya. Pada postingan kali ini, saya ingin berbagi tentang aktivitas membaca saya. Selamat membaca.


Sejak duduk di bangku SMP, saya sudah suka membaca novel. Mungkin karena pengaruh tinggal di asrama juga, jadi kalau ada waktu senggang dan enggak tahu mau ngapain, jadi dari pada bengong mending baca novel atau komik. Novel yang suka saya baca itu bergenre fiksi ilmiah, detektif, atau misteri. Ya, ada kesan tersendiri saat membaca novel-novel tersebut. Apalagi yang serial detektif, membuat saya seolah-olah masuk ke dalam teka-teki yang dibuat si penulis.

Masuk SMA, karena masih tinggal di asrama, saya juga masih hobi membaca novel dan genrenya juga masih sama. Biasanya novel tersebut saya sewa di tempat rental novel atau pinjam dari teman. Untuk membeli sendiri saya tidak sanggup. Uang jajan saya pas pasan, jadi enggak punya uang untuk membeli novel. Kalau ada uang sisa, ya untuk rental novel atau membeli kebutuhan lainnya.

Ketika kuliah, aktivitas membaca novel saya semakin berkurang. Maklum, rutinitas selama di bangku kuliah yang padat apalagi saya bergabung di banyak organisasi kampus, membuat saya tidak memiliki waktu untuk membaca novel. Ya, paling baca buku pelajaran atau baca Quran, dan koran. Hehehe. Tapi kalau ada waktu saya selalu menyempatkan diri ke tempat renta novel langganan untuk menyewa novel atau komik.

Seiring berkembangnya waktu, teknologi pun berkembang. Novel enggak perlu lagi dibeli hardcopynya, tapi ada ebook yang bisa di download secara gratis. Enggak hanya itu, kalau internetnya cepat, bisa juga langsung baca secara online. Kalau mau baca buku online yang lain juga bisa, yang penting internetnya kencang ya, guys. Nah, biasanya kalau mau baca buku secara online, saya sering mengunjungi situs breaktime atau mencari di mesin pencari dengan keyword baca buku online breaktime. Nah, di sana akan keluar beragam jenis buku yang bisa menghibur kita semua.


Meskipun demikian, membaca buku atau novel yang vesi hardcopy memang tetap menyenangkan. Oleh karena itu, selain membaca buku secara online, saya juga sering membeli buku-buku di toko buku. Udah jarang pinjam sih sekarang soalnya sudah punya gaji sendiri, hihihi.

No comments

Powered by Blogger.