Header Ads

Cara Internetan Aman; Pakai Free VPN Opera



Kalau dilihat, udah sebulan lebih saya gak nyetor tulisan ke blog ini, alasannya juga sudah bisa ditebak, sibuk. Ya, sangat sibuk ternyata, meski tugas utama udah selesai dan tinggal nunggu wisuda, tapi yang namanya proyek riset seperti gak pernah mau abis. 



Langsung saja, tadi pas dalam U-bahn arah pulang ke rumah, saya baca artikel info tekno di salah satu koran online yang lagi membahas tentang internet aman. Saya tertarik dengan artikel tentang aktivtas internet kita yang ternyata jadi lahan mata-mata dari banyak orang, mulai dari media sosial seperti facebook, hingga OS yang kita pakai seperti android atau windows 10. Jadinya kenapa saya ngenet via linux ubuntu (dan tulisan ini saya ketik dan saya post via linux) cukup beralasan, karena setidakya tidak semua informasi aktivitas diinternet saya bisa diketahui orang. Selain pemilihan OS, ada filter lain ynag ternyata lebih aman, salah satunya yaitu dengan penggunaan VPN.


Apa itu VPN? Kalau kata wikipedia, VPN itu merupakan singkatan dari Virtual Private Network. Jadi ceritanya saat kita konek ke internet, maka orang akan dengan mudah tahu lokasi kita melaui IP address yang kita punya. Nah, dengan VPN ini, IP address ini biasa dipindahkan ke negara lain, sehingga yang kita lakukan saat browsingpun kecil kemungkinan untuk diketahui.

Kalau dulu saya malas pakai VPN kerena biasanya bisa membuat kecepatan browsing berkurang, atau kalau mau kecepatannya stabil, ya harus bayar. Dan setelah saya baca berita tadi, saya jadi tahu kalau opera kini menyediakan VPN secara gratis dan terintegrasi langsung dengan browser opera, mantap nian ni.

Sampai, di rumah, langsung saja saya coba install di lubuntu saya, ini dia videonya.



Setelah saya install, ternyata untuk linux belum tersedia VPN nya, masih hanya uttuk windows dan mungkin mac, tapi karena sudah terlanjur install, ya pakai saja dulu. Biasa juga saya ganding 2 hingga 4 browser dalam satu laptop, dan meski orang paling banyak pakai chrome, saya masih betah dengan mozilla, dan kadang-kadang opera. Oh ya, kini ada satu browser lagi yang cukup bagus, lebih secure dan juga sekencang chrome, namanya vivaldi. Dan memang vivaldi ini dikembangkan dari basis chromium, dan bagusnya tanpa embel-embel chromenya google, jadi ya gak usah khawatir data kamu diintip google deh. Eh, ini saja dulu, ngantuk sudah.



2 comments:

Powered by Blogger.