Header Ads

Karena Gadgets, Kebersamaan Terasa Hampa


sumber foto: mb.com.ph
Entah berapa kali sudah melihat gambar seperti diatas, bahkan ada juga komik yang dibuat dan menceritakan sebuah keluarga berkunjung – berlebaran ke rumah sahabatnya, dan ketika sampai dipintu mereka bilang sudah rindu karena lama tak ketemu, tapi sesampainya didalam, semuanya malah sibuk sendiri, sibuk dengan gadgetsnya masing masing.



Hal lain yang sering kita dapati adalah kalau dulu saat kita jalan bersama, kita saling cerita, saling ketawa, saling memperhatikan satu sama lain. Namun sekarang, meski kita jalan sama-sama, tapi masing- masing sibuk dengan smartphone, tablet atau gadgetsnya masing masing, jadinya kebersamaan terasa semu, karena semua orang sudah punya dunia (maya) nya masing- masing.

Efek Negatif Gadgets?

Terlepas dari begitu banyak manfaat dari perangkat smartphone, tablet, ipad, atau gadgets apapun yang kita miliki, sebenarnya mereka juga mengandung begitu banyak efek negatifnya. Efek positif smartphone dalam kehidupan sehari-hari termasuk: mempermudah, mempercepat dan mempermurah proses komunikasi, contohnya dulu kita harus membayar mahal saat mau menelpon, bahkan kadang harus ke wartel, sekarang tinggal ambil smartphone di saku dan pencet tombolnya, bahkan menelponpun sekarang bisa gratis, selama jaringan internet tersedia di sekeliling kita. Efek positif gadgets lain termasuk mempermudah kegiatan seseorang, misalnya dulu belanja harus hadir secara fisik  sekarang bisa dilakukan online, begitu juga untuk pekerjaan, kalau dulu mengetik harus pakai mesin tik, kalau gak mau palai tangan, sekarang dengan mudahnya bisa dilakukan di smartphone, seperti yang sedang saya lakukab sekarang.
Namun, jika tidak pintar mensiasati, efek negatif gadgets juga akan sangat kentara. Misal hilangnya kontak fisik, neo-adult autism alias punya kesibukan masing masing, yang sebenarnya bukan gangguan mental tapi ya kadang mirip-mirip, dan dengan hilangnya kontak atau interaksi fisik ini, mungkin konsep manusia sebagai mahluk sosial akan segera bergeser, jadi makhluk media sosial misalnya?

No comments

Powered by Blogger.